SATWA LANGKA

Komik: Penyelundupan si darah biru masih terjadi

Binatang bercangkang simbol kemesraan pasangan itu masih diselundupkan, padahal dilindungi. Cangkang bisa buat hiasan dinding.
Binatang bercangkang simbol kemesraan pasangan itu masih diselundupkan, padahal dilindungi. Cangkang bisa buat hiasan dinding. | Tito Sigilipoe /Beritagar.id

BIRU | Inilah si darah biru dalam arti harfiah. Binatang bercangkang bernama belangkas, alias ketam ladam, alias mimi-mintuna, memang berdarah biru. Dagingnya bisa digulai — di Hotel Horison Ultima, Palembang, Sumatra Selatan, seporsi belangkas berharga Rp500.000.

Selain untuk hidangan kuliner, darah biru belangkas penting untuk pengobatan, misalnya meningitis.

Pekan lalu (2/8/2019) Polres Tebing Tinggi, Sumatra Utara, menyita 332 ekor belangkas yang akan diselundupkan ke luar negeri. Belangkas (Tachypleus gigas) adalah satwa dilindungi.

Bahasa Jawa menyebut belangkas dalam sepaket nama: mimi lan mintuna. Mimi itu jantan (bukan mimi istrinya pipi) dan mintuna itu betina. Satwa tersebut menjadi simbol kerukunan suami-istri karena mereka bercitra monogamis, selalu pergi berdua, si mintuna di belakang — kalau di darat.

Awal 2019 TNI Angkatan Laut mencegah upaya penyelundupan 7.000 ekor belangkas ke Thailand di perairan Aceh Timur.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR