SOROTAN MEDIA

Korupsi jual beli jabatan di Kemenag diadili jelang lebaran

Mantan Kakanwil Kemenag Jawa Timur Haris Hasanuddin (kiri) dan Mantan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi (kanan) mengenakan rompi tahanan usai diperiksa di gedung KPK, Keduanya akan diadili di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat 29 Mei 2019.
Mantan Kakanwil Kemenag Jawa Timur Haris Hasanuddin (kiri) dan Mantan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi (kanan) mengenakan rompi tahanan usai diperiksa di gedung KPK, Keduanya akan diadili di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat 29 Mei 2019. | Indrianto Eko Suwarso/nz /ANTARA FOTO

Dua terdakwa penyuap mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy akan menjalani sidang mulai 29 Mei 2019 di Pengadilan Negeri Tipikor Jakarta Pusat. Keduanya adalah mantan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jatim Haris Hasanuddin dan Kepala Kantor Kemenag Kab Gresik Muhamad Muafaq Wirahadi.

Kasus jual beli jabatan di Kementerian Agama ini menjadi perhatian publik, karena menyangkut modus korupsi yang melibatkan kekuatan partai politik dan birokrasi pemerintahan di Kementerian Agama. Nama menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pun ikut disebut dalam pusaran korupsi ini.

Ringkasan

  • Jaksa Penuntut Umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melimpahkan dakwaan dan berkas perkara dua tersangka kasus suap mantan Ketum PPP Romahurmuziy ke pengadilan, Senin (20/5/2019).
  • Romahurmuziy, Muafaq Wirahadi dan Haris Hasanuddin, terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK di Surabaya pada 15 Maret 2019.
  • Saat Operasi Tangkap Tangan (OTT), KPK berhasil menyita uang sebesar Rp156 juta dari tangan Romi yang diterima dari Muafaq Wirahadi dan Haris Hasanuddin.
  • Sebanyak 70 orang saksi diperiksa penyidik KPK dalam kasus ini, antara lain Menteri Agama, Sekretaris Jenderal DPR, Kepala KASN, Ketua Panitia Seleksi Jabatan Tinggi Kementerian Agama, serta Kepala Kantor Agama RI beberapa daerah.
  • Juru Bicara KPK Febri Diansyah, kepada pers Kamis (23/5/2019), memastikan sidang perdana untuk terdakwa Muafaq Wirahadi dan Haris Hasanuddin akan berlangsung menjelang lebaran, yaitu 29 Mei 2019 di Pengadilan Negeri Tipikor Jakarta Pusat.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 18 pemberitaan, diikuti peringkat kedua tribunnews.com dan republika.co.id dengan 3 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 03:00 hingga 14:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 10:00 WIB dengan total 18 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah sebaran pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh viva.co.id dengan 805 sebaran, diikuti peringkat kedua kompas.com dengan 470 sebaran. Selanjutnya detik.com dengan 198 sebaran pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR