SOROTAN MEDIA

KPK geledah kediaman mantan Kepala Bappeda Jatim

Petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Jawa Timur di Jalan Johar 19-21, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (8/8/2019) malam. Petugas KPK membawa keluar dua koper usai melakukan penggeledahan di kantor itu.
Petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Jawa Timur di Jalan Johar 19-21, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (8/8/2019) malam. Petugas KPK membawa keluar dua koper usai melakukan penggeledahan di kantor itu. | Didik Suhartono /Antara Foto

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (9/8/2019), menggeledah kediaman mantan Kepala Bappeda Jawa Timur, Zainal Abidin. Penggeledahan itu diduga dilakukan terkait kasus suap Ketua DPRD Tulungagung, Supriyono.

Selain menggeledah rumah Zainal, KPK juga melakukan rekonstruksi dalam penyidikan kasus suap terkait pengadaan barang dan jasa di Pemerintah Kabupaten Tulungagung TA 2018. Rekonstruksi dilakukan di rumah Mantan Kepala Bidang Fisik Prasarana Bapedda Provinsi Jawa Timur, Budi Juniarto.

Dalam perkara ini, KPK telah menetapkan tersangka Supriyono pada 13 Mei 2019 lalu terkait kasus dugaan suap pengesahan APBD atau APBD-P Tulungagung 2015-2018.

Ringkasan

  • Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengungkapkan lembaga antirasuah tersebut tengah menggeledah rumah bekas Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jawa Timur Zainal Abidin.
  • Penggeledahan terkait kasus korupsi yang diduga dilakukan Ketua DPRD Tulungagung, Supriyono.
  • Febri Diansyah belum menjelaskan keterkaitan Zainal Abidin dengan kasus tersebut.
  • Selain itu, KPK juga melakukan rekonstruksi dalam penyidikan kasus suap terkait pengadaan barang dan jasa di Pemerintah Kabupaten Tulungagung TA 2018.
  • Rekonstruksi dilakukan di rumah Mantan Kepala Bidang Fisik Prasarana Bapedda Provinsi Jawa Timur Budi Juniarto.
  • Penggeledahan itu sendiri merupakan kegiatan lanjutan dari penggeledahan pada Rabu (7/8/2019) di tiga lokasi yang yakni Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, rumah Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, dan rumah mantan Sekda Provinsi Jatim.
  • Empat lokasi lalu digeledah pada Kamis (11/7/2019), yakni Rumah Budi Juniarto (Mantan Kabid Prasarana Wilayah Bappeda Provinsi Jatim), Rumah Toni Indrayanto (Kabid Prasarana Wilayah Bappeda Provinsi Jatim), Rumah Budi Setiawan (Mantan Kepala Bappeda Provinsi Jatim), dan Rumah Ahmad Riski Sadig (Anggota DPR RI dari PAN).

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 4 pemberitaan, diikuti peringkat kedua suarasurabaya.net dan jatimnow.com dengan 3 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 22:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 16:00 WIB dengan total 4 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh suarasurabaya.net dengan 2214 interaksi, diikuti peringkat kedua viva.co.id dengan 71 interaksi. Selanjutnya cnnindonesia.com dengan 49 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR