SOROTAN MEDIA

KPK geledah ruang I Nyoman Dhamantra di Gedung DPR

Anggota Komisi VI DPR dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) I Nyoman Dhamantra berada di dalam mobil tahanan seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (9/8/2019).
Anggota Komisi VI DPR dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) I Nyoman Dhamantra berada di dalam mobil tahanan seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (9/8/2019). | Dhemas Reviyanto /Antara Foto

Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (12/8/2019), menggeledah ruang kerja I Nyoman Dhamantra, tersangka kasus suap impor bawang putih, di Gedung DPR RI, Jakarta.

Itu adalah bagian dari serangkaian penggeledahan yang dilakukan KPK untuk menemukan barang bukti tindak pidana korupsi yang dilakukan anggota DPR dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu.

"Sejauh ini diamankan sejumlah dokumen terkait dengan impor yang jadi kewenangan Kementan dan Kemendag," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Senin (12/8/2019).

KPK menahan enam orang tersangka pada Operasi Tangkap Tangan (OTT) terkait kasus dugaan pengurusan kuota dan izin impor bawang putih tahun 2019 dengan barang bukti uang 50 ribu dolar Amerika serta bukti transfer sebesar Rp2,1 miliar.

Ringkasan

  • Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah ruangan Fraksi PDI Perjuangan milik anggota DPR RI I Nyoman Dhamantra, Senin (12/8/2019), mulai pukul 15.00 WIB.
  • Ruangan tersebut terletak di lantai 6 Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta.
  • Penggeledahan selesai sekitar pukul 18.40 WIB dan sejumlah personel KPK keluar dari ruangan Nyoman Dhamantra yang bernomor 0628. Tak ada keterangan yang diberikan.
  • Pantauan di lokasi, satu penyidik pertama kali keluar dari ruangan Dhamantra dengan membawa satu koper berwarna biru dongker (navy) berukuran cukup besar.
  • Plh Kabiro Humas KPK Chrystelina GS menyatakan pada 10 Agustus 2019 KPK telah menggeledah apartemen dan rumah I Nyoman Dhamantra (INY).
  • Selain itu, pada 9 Agustus, penyidik KPK juga menggeledah money changer atau tempat penukaran mata uang Indocev milik Nyoman dan menyegel beberapa ruang di Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian.

  • Sebelumnya KPK telah menetapkan Nyoman sebagai tersangka penerima suap pengurusan izin impor bawang putih tahun 2019.
  • Dalam perkara ini, KPK menetapkan enam tersangka.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh viva.co.id dan covesia.com dengan 3 pemberitaan, diikuti peringkat kedua bisnis.com dengan 3 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 22:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 19:00 WIB dengan total 7 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh viva.co.id dengan 349 interaksi, diikuti peringkat kedua suarasurabaya.net dengan 280 interaksi. Selanjutnya cnnindonesia.com dengan 213 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR