OTT KPK

KPK tangkap Bupati Lampung Utara

Foto Ilustrasi. Wakil Ketua KPK dan para penyidik menunjukkan barang bukti hasil operasi tangkap tangan (OTT) di Jakarta, Rabu (4/9/2019).
Foto Ilustrasi. Wakil Ketua KPK dan para penyidik menunjukkan barang bukti hasil operasi tangkap tangan (OTT) di Jakarta, Rabu (4/9/2019). | Sigid Kurniawan /Antara Foto

Bupati Lampung Utara, Agung Ilmu Mangkunegara, ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam operasi tangkap tangan (OTT), Minggu (6/10/2019) malam. Selain Agung, dua kepala dinas dan seorang perantara juga turut diringkus KPK.

"KPK mengamankan total 4 orang sejak sore hingga malam ini," kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif di Jakarta, Minggu (6/10).

Dari OTT itu, KPK pun mengamankan uang sekitar Rp200 juta yang dijadikan barang bukti. Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengatakan uang itu diduga menjadi objek suap untuk proyek di lingkungan dinas Kabupaten Lampung Utara.

"Diduga terkait proyek di Dinas PU (Pekerjaan Umum) atau Koperindag (Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan) di Kabupaten Lampung Utara," ujar Basaria.

Sejauh ini, informasi dari KPK hanya sebatas itu. KPK baru akan menjelaskan lebih detail dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (7/10).

Yang jelas, KPK sudah menyegel ruang kerja Agung di kantor dinas Bupati Lampung Utara dam mobil dinasnya bermerek Toyota Prado. Penyegelan dilakukan setelah KPK membawa Agung dan tiga orang lainnya dari rumah dinasnya di Kotabumi, ibu kota Lampung Utara, pada Minggu sekitar pukul 21.56 WIB.

Siapa Agung Ilmu Mangkunegara

Agung adalah orang asli Kotabumi, Lampung Utara, berusia 37 tahun. Ia sudah menduduki kursi Bupati Lampung Utara sejak 2013 dan kembali menang sebagai petahana pada Pilkada 2018.

Dirinya bersama Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA), Budi Utomo, sebagai wakilnya diusung oleh koalisi Partai NasDem, Gerindra, PAN, dan PKS dengan persentase suara 50,85 persen dalam Pilkada 2018.

Agung, lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Bandar Lampung ini adalah putra Tamauri --mantan Bupati Way Kanan, Lampung, periode 2000-2010. Ia pegawai negeri karier sejak menjadi Sekretaris Lurang Blambangan Umpu di Kabupaten Way Kanan dan kemudian menjadi Camat Tanjung Senang di Kota Bandar Lampung.

Bergiliran ditangkap KPK

Penangkapan Agung oleh KPK menyusul kolega tetangganya di Kabupaten Lampung Selatan tahun lalu. Pada 26 Juli 2018, Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan dicokok KPK di Kalianda karena dugaan korupsi proyek infrastruktur.

Saat ditangkap, Zainudin adalah Bupati Lampung Selatan 2016-2021 yang memenangi pilkada berkat usungan PKS, PDIP, NasDem, dan PAN. Sementara sebelumnya, Bupati Lampung Tengah Mustafa diringkus KPK pula pada Februari 2018 dan Bupati Mesuji Khamami pada Januari 2019.

Bupati pun menjadi sosok kepala daerah terbanyak yang ditangkap KPK sejak 2004. Data menunjukkan Agung adalah bupati ke-64 yang diringkus KPK melalui OTT.

Catatan redaksi: Artikel telah ditambahi fakta penangkapan Bupati Mesuji, Lampung, oleh KPK pada Januari 2019.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR