PENINDAKAN KORUPSI

KPK tangkap direktur PT Krakatau Steel

Juru bicara KPK Febri Diansyah memberi keterangan pers di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (18/12/2018).
Juru bicara KPK Febri Diansyah memberi keterangan pers di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (18/12/2018). | Indrianto Eko Suwarso /Antara Foto

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap tangan empat orang dalam dugaan suap kepada Direksi BUMN PT Krakatau Steel (Tbk), Jumat (22/3/2019) sekitar pukul 18.30 WIB. Menurut Kabiro Humas KPK Febri Diansyah, ada transaksi suap yang melibatkan salah satu direktur BUMN. Direktur tersebut diduga menerima uang dari kontraktor.

"Ada kegiatan (OTT) di Jakarta dan Tangerang Selatan, tepatnya di BSD City. Lokasi penangkapan di rumah direktur tersebut," ujar Febri di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Jumat (22/3/2019) seperti dikutip dari detikcom.

Empat orang yang ditangkap itu adalah direktur, pegawai Krakatau Steel dan dua kontraktor swasta. "Dalam hal in kontraktor yang kami indikasikan sebelumnya pernah punya kerja sama atau pengerjaan proyek dengan BUMN tersebut," kata Febri.

Menurut Komisioner KPK, Basaria Panjaitan, diduga ada rencana pemberian uang dari pihak swasta yang berkepentingan dengan proyek di salah satu BUMN tersebut. "Diduga sebagian uang telah diberikan secara cash dan yang lainnya menggunakan sarana perbankan. Sedang didalami transaksi menggunakan rupiah ataupun dolar," kata dia seperti dinukil dari Kompas.com. Uang yang disita, jumlahnya masih dihitung.

Perusahaan belum tahu siapa bos mereka yang ditangkap. Pria Utama, Corporate Secretary PT Krakatau Steel, menyatakan masih menunggu konfirmasi penangkapan ini. "Saya juga belum tahu (siapa direktur yang ditangkap)," kata dia Jumat (22/3/2019) malam kepada VIVA.

Manajemen perusahaan akan menemui KPK dan meminta informasi lanjut terkait penangkapan ini.

Direktur Utama PT Krakatau Steel Tbk. Silmy Salim belum mengetahui detail penangkapan ini. Dia masih menunggu informasi siapa salah satu anak buahnya yang ditangkap tangan. "Kami nunggu (informasi)," kata Silmy, Jumat (22/3/2019), seperti dikutip dari Bisnis.com.

Dia mengaku menerima kabar tersebut namun belum mengetahui siapa direktur yang diciduk KPK dalam operasi tangkap tangan di kawasan BSD City Tangerang. "Belum tahu (siapa yang di OTT), saya baru pulang soalnya," katanya.

Menurut laman perusahaan, Krakatau Steel memiliki satu direktur utama dan lima direktur lainnya. Mereka adalah Wisnu Kuncoro (Direktur Produksi dan Teknologi), Purwono Widodo (Direktur Pemasaran), Ogi Rulino (Direktur Logistik dan Pengembangan Bisnis), Rahmad Hidayat (Direktur SDM), dan Tardi (Direktur Keuangan).

KPK memiliki waktu 1 x 24 jam untuk menentukan status kepada mereka yang ditangkap.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR