PIALA OSCAR

Kronologi hilangnya Piala Oscar milik Frances McDormand

Frances McDormand, saat menghadiri malam penghargaan Oscar di Dolby Theatre in Hollywood, California, Amerika Serikat (4/3/2018).
Frances McDormand, saat menghadiri malam penghargaan Oscar di Dolby Theatre in Hollywood, California, Amerika Serikat (4/3/2018). | PAUL BUCK /EPA

Pidato Frances McDormand yang mengiringi kemenangannya sebagai Aktris Terbaik di Oscar ke-90 jadi sorotan malam itu. Ia menyampaikan rasa bahagianya serta apresiasinya untuk rekan sejawat sesama perempuan.

Siapa sangka, usai acara berlangsung ada sederet drama yang membuntutinya. Dilansir TMZ, piala yang dianugerahkan untuknya digondol maling. Peristiwa tersebut terjadi saat piala rampung diukir namanya. McDromand sendiri tengah menikmati Governors Ball, atau pesta penanda berakhirnya Oscar tahun ini pada Minggu malam (4/3/2018).

Di tengah acara, perempuan yang menyabet Oscar berkat perannya di Three Billboards Outside Ebbing, Missouri menyadari bahwa piala miliknya telah raib.

Perempuan 60 tahun itu pun segera meminta bantuan tim keamanan acara untuk membantu mencari piala berbentuk manusia berwarna keemasan dengan tinggi 34,3 cm dan berat 3,8 kg tersebut ke seluruh penjuru ruangan.

Sementara itu, tanpa diketahui McDormand, seorang lelaki di lokasi yang sama sedang dihalau petugas keamanan lainnya karena dicurigai sebagai pencuri.

Pasalnya, fotografer Alex Berliner dan rekan-rekannya dari tim Wolfgang Puck--koki ternama yang direkrut untuk pesta tersebut--memergoki lelaki itu memboyong piala ke luar area pesta. Padahal, mereka tak mengenalinya sebagai pemenang di panggung tadi.

Berliner pun langsung menghalau dan melaporkannya ke petugas keamanan. Lelaki yang kemudian diketahui bernama Terry Bryant tersebut langsung disergap.

Wartawan The New York Times Cara Buckley yang saat itu tengah berada di acara tersebut sempat mencuitkan kronologi singkat penangkapannya.

Ia membenarkan bahwa saat petugas sedang melakukan pencarian, salah satu fotografer dari tim Wolfgang Puck berhasil menemukan Terry Bryant dan langsung mengambil pialanya. Sementara itu tersangka pencuri langsung menyelinap kembali ke tengah keramaian pesta.

Piala yang telah terukir nama Frances McDormand itu langsung dikembalikan ke sang empunya.

Pihak Kepolisian Los Angeles (LAPD) pun bertindak cepat. Laki-laki yang mengenakan setelan jas hitam tersebut ditangkap dan diamanankan Minggu (4/3/2018) pukul 23.50 waktu setempat. Ia lalu dijebloskan ke ruang tahanan pada pukul 4 pagi keesokan harinya.

Lalu pada Rabu (7/3), Bryant yang mengaku sebagai produser, pembawa acara TV, musisi, DJ (disc jokey), hingga wartawan lepas ini dijadwalkan akan menghadiri bacaan tuntutan di pengadilan.

Menurut juru bicara LAPD Rosario Herrera seperti dilansir Time, bila terbukti bersalah, Terry Bryant dapat dikenakan hukuman tiga tahun penjara atau jaminan sebesar US$20 ribu atau Rp413 juta.

Siaran langsung tersangka di Facebooknya

Ternyata sebelum ditangkap, Terry Bryant sempat menyiarkan dirinya tengah berpesta di Governors Ball di akun Facebook pribadinya. Di video tersebut lelaki 47 tahun itu tampak menggenggam dan mencium pialanya serta berulang kali mengucapkan "ini pialaku".

Ia mengatakan bahwa dirinya memenangi piala Oscar untuk kategori musik, beberapa saat kemudian ia mengatakan bahwa ia menang sebagai produser.

Beberapa orang di sekelilingnya sempat mengucapkan selamat kepadanya, ada juga yang mengajaknya berfoto bersama. Bisa jadi mereka mengira dirinya adalah salah satu tim musisi pemenang Oscar.

Hasil penyelidikan kepolisian setempat pun menyatakan bahwa Terry Bryant yang merupakan warga Los Angeles, Amerika Serikat ini telah beberapa kali melakukan hal serupa. Ia terbukti kerap menyambangi gelaran malam penghargaan di Hollywood seperti SAG Awards, MTV Movie & TV Awards dan sebagainya, sebagai tamu undangan resmi.

Bryant pernah berfoto dengan beyonce di karpet merah BET Awards 2009, model Martha Hunt di pesta Vanity Fair 2015 hingga Jimmy Kimmel di Emmy Awards 2017. Atas bukti foto-foto tersebut ia pun dicurigai memiliki penyakit mental yang membuatnya puas jika berada di sekeliling para pesohor.

Lelaki yang juga mengaku sebagai DJ Matari ini juga tercatat pernah melakukan perampokan, perusakan dan pencurian mobil. Pada 2012, hakim di Los Angeles juga pernah menjatuhkan hukuman satu tahun penjara atas dua kasus perampokan dan dua tuduhan tidak mematuhi pengadilan yang dilakukan Bryant.

Ia juga memiliki catatan kriminal pada tahun 1995, 2000 dan 2001.

Frances McDormand tadinya tak ingin memperpanjang perkara, ia membebaskan Terry Bryant.

"Pemenang Aktris terbaik Frances McDromand dan piala Oscarnya telah bersatu kembali dengan bahagia setelah sempat terpisah kemarin malam di Governors Ball. Tersangka pencurinya dipergoki oleh fotografer dan tim keamanan kami yang bertindak cepat," jelas seorang juru bicara Academy kepada People.

Namun, karena kasus ini terjadi di acara Oscar, Academy of Motion Picture Arts and Sciences memegang kendali dan langsung membawa kasus tersebut ke jalur hukum.

Meskipun demikian, hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari pihak penyelenggara tentang bagaimana Terry Bryant mendapatkan tiketnya.

Pencurian piala Oscar

Menurut sejarah, hingga saat ini ada sekitar 70 piala Oscar yang pernah dicuri terhitung sejak pertama kali digelarnya acara pada 1929.

Beberapa di antaranya ialah milik Olympia Dukakis yang menang sebagai Aktris Pendukung terbaik untuk film Moonstruck pada 1989. Pialanya dicuri dari lemari dapurnya sendiri. Lalu ada milik Hattie McDaniel yang juga dinobatkan sebagai Aktris Pendukung Terbaik Gone with the Wind pada 1939 yang hilang saat dipajang di bagian seni Universitas Howard, Washington DC, Amerika Serikat.

Bahkan pada tahun 2000, sebanyak 55 piala dicuri bersamaan saat truk resmi pengangkut piala tersebut dibajak.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR