SOROTAN MEDIA

Mandatori B30 bisa tekan defisit perdagangan Rp70 Triliun

Petugas menunjukkan sampel bahan bakar B30 saat peluncuran uji jalan Penggunaan Bahan Bakar B30 untuk kendaraan bermesin diesel di halaman Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (13/6/2019). Uji jalan kendaraan berbahan bakar campuran biodiesel 30 persen pada bahan bakar solar atau B30 dengan menempuh jarak 40 ribu dan 50 ribu kilometer tersebut bertujuan untuk mempromosikan kepada masyarakat bahwa penggunaan bahan bakar itu tidak akan meyebabkan performa dan akselerasi kendaraan turun.
Petugas menunjukkan sampel bahan bakar B30 saat peluncuran uji jalan Penggunaan Bahan Bakar B30 untuk kendaraan bermesin diesel di halaman Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (13/6/2019). Uji jalan kendaraan berbahan bakar campuran biodiesel 30 persen pada bahan bakar solar atau B30 dengan menempuh jarak 40 ribu dan 50 ribu kilometer tersebut bertujuan untuk mempromosikan kepada masyarakat bahwa penggunaan bahan bakar itu tidak akan meyebabkan performa dan akselerasi kendaraan turun. | Aprillio Akbar/wsj /ANTARA FOTO

Pemerintah rencananya akan mewajibkan penggunaan biodiesel 30 persen (B30) pada 2020. Bila mandatori B30 itu berjalan, diperkirakan akan mengurangi impor solar sebanyak 8 juta kiloliter sampai dengan 9 juta kiloliter per tahun, setara Rp70 triliun.

Sebagaimana diketahui, impor solar menjadi salah satu penyebab terjadinya defisit neraca perdagangan Indonesia. Menurut catatan Padan Pusat Statistik, pada Januari-April 2019, neraca perdagangan migas defisit 2,769 miliar dolar AS.

Kemarin (13/6/2019), Menteri ESDM Ignasius Jonan, meluncurkan uji jalan penggunaan B30. Uji jalan dilakukan terhadap 11 kendaraan yang terdiri dari 8 kendaraan berbobot di bawah 3,5 ton dan 3 kendaraan berbobot di atas 3,5 ton atau truk.

Target uji jalan B30 ini yang paling penting adalah penerimaan masyarakat. Tidak sekadar uji jalan, tetapi juga promosi bahwa B30 bisa digunakan. Performa mesin harus tidak turun dan biaya perawatannya tidak melonjak.

Ringkasan

  • Jonan mengungkapkan, pemerintah akan mewajibkan penggunaan campuran biodiesel 30 persen atau B30 pada kendaraan mulai tahun depan.
  • Salah satu alasannya adalah dalam rangka mengurangi ketergantungan pada impor dan menyediakan BBM yang lebih ramah lingkungan.
  • Mandatori B30 ini juga merupakan langkah konkret pemerintah untuk terus mengembangkan industri kelapa sawit, menyejahterakan petani kelapa sawit, serta menjamin ketersediaan dan kestabilan harga BBM dalam negeri.
  • Impor minyak mentah Indonesia saat ini sekitar 500.000 barrel per hari, diperkirakan meningkat menjadi 1 juta barrel per hari pada 2024.
  • Dalam road test ini, kendaraan penumpang akan menempuh rute Lembang-Cileunyi-Nagreg-Kuningan-Tol Babakan-Slawi-Guci-Tegal-Tol Cipali-Subang-Lembang. Jarak tempuhnya sejauh 560 km per hari.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 6 pemberitaan, diikuti peringkat kedua medcom.id dengan 5 pemberitaan. selanjutnya suara.com dengan 4 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 12:00 hingga 22:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 13:00 WIB dengan total 15 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh katadata.co.id dengan 241 interaksi, diikuti peringkat kedua tempo.co dengan 230 interaksi. Selanjutnya mediaindonesia.com dengan 79 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR