ATURAN LALU LINTAS

Mau e-TLE ataupun e-Tilang, ujungnya adalah penindakan

| Sandy Nurdiansyah /Beritagar.id

Ponsel setiap anggota polisi lalu lintas di Ibu Kota sudah terpasangi aplikasi untuk membukukan bukti pelanggaran (tilang). Hanya untuk ponsel Android. Belum ponsel iOS.

"Jadi kalau dulu petugas menilang tulis di kertas, sekarang masukan data dari aplikasi e-tilang yang ada pada semua ponsel petugas," ujar Kepala Subdit Gakkum Ditlantas* Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto akhir September lalu (h/t Kompas.com).

Menurut Budiyanto, e-Tilang adalah tahap awal menuju electronic traffic law enforcement (e-TLE). Dalam komik Beritagar.id tahun lalu, e-Tilang diterapkan di beberapa kota.

Cara e-TLE adalah cara penegakan UU LLAJ dengan memanfaatkan teknologi digital. Ada kamera yang merekam pelanggaran, dan semua data kendaraan pun langsung tercatat. Misalnya pelat nomor mobil.

Data pelanggar, kata Budiyanto, dapat langsung terkoneksi dengan Bank BRI. Hal ini bertaut dengan urusan pembayaran denda tilang. Uang tersebut, dalam komik Beritagar.id awal bulan ini, disetorkan kepada kas negara.

Dengan e-TLE, tangkapan informasi tak pandang bulu. Mobil pribadi, mobil dinas TNI, mobil dinas Polri, dan mobil dinas berpelat merah akan terdata. Untuk mobil dinas Polri yang melanggar, informasi akan diteruskan ke bagian Profesi dan Pengamanan (Propam). Sedangkan untuk mobil TNI, info akan disampaikan ke Polisi Militer (h/t Merdeka.com).

Uji coba e-TLE sudah berlangsung sejak 1 Oktober lalu di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, sejak patung kuda (nama resmi: Patung Arjuna Wijaya) hingga depan Sarinah. Mulai Kamis 1 November, e-TLE diikuti penindakan.

"Kita kejar jadi awal bulan nanti bisa diterapkan, artinya kesiapan sudah hampir selesai. Akurasi CCTV juga sudah...," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf awal pekan ini (h/t Kompas.com).

*) Subdirektorat Penegakan Hukum pada Direktorat Lalu Lintas

Rambu pemberitahuan e-TLE di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, selewat Patung Arjuna Wijaya (10/10/2018).
Rambu pemberitahuan e-TLE di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, selewat Patung Arjuna Wijaya (10/10/2018). | Antyo Rentjoko /Beritagar.id
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR