PILPRES 2019

Media makin minim memberitakan Jokowi dan Prabowo

Grafik jumlah pemberitaan media di Indonesia antara Jokowi (hijau) dan Prabowo (merah) selama periode 11-15 Februari 2019.
Grafik jumlah pemberitaan media di Indonesia antara Jokowi (hijau) dan Prabowo (merah) selama periode 11-15 Februari 2019. | Lokadata /Beritagar.id

Media daring di Indonesia makin minim memberitakan calon presiden (capres) Joko 'Jokowi' Widodo dan Prabowo Subianto. Menurut pantauan mesin media monitoring Lokadata, sepanjang Senin (11/2/2019)-Jumat (15/2/2019), hanya ada 3.731 berita tentang keduanya.

Pekan lalu pemberitaan kedua capres itu mencapai 6.773 artikel, Artinya, pemberitaan pekan ini turun hingga 45 persen.

Penyusutan ini melanjutkan tren pekan sebelumnya. Pekan pertama Februari, jika dibandingkan dua pekan lalu, pemberitaan kedua capres itu susut 50 persen.

Susutnya pemberitaan pekan ini berbeda dengan tren pemberitaan saat menjelang debat pertama capres, pertengahan Januari lalu. Saat itu pemberitaan yang menyebut nama mereka mencapai hampir 14 ribu artikel.

Perbandingan pemberitaan dan sebaran media antara Jokowi (kiri) dan Prabowo (kanan).
Perbandingan pemberitaan dan sebaran media antara Jokowi (kiri) dan Prabowo (kanan). | Lokadata /Beritagar.id

Berita yang kerap mengandung nama Jokowi adalah soal komponen harga bahan bakar avtur dalam tiket pesawat. Ada 174 berita yang menyebut nama Jokowi dalam topik ini. Situs berita yang gemar menulis tentang Jokowi adalah Tribunnews (263 berita), Antaranews (203), dan merdeka (145)

Berita yang paling banyak menyebut nama Prabowo adalah soal isu 'penolakannya' untuk salat Jumat Masjid Agung Kauman, di Semarang, Jawa Tengah. Topik itu menyinggung Prabowo hingga 292 kali.

Situs berita yang paling banyak menyebutnya adalah Tribunnews (218), Antaranews (115), dan detikcom (113).

Berikut dua berita yang paling banyak menyebut kedua nama capres tersebut.

Jokowi kaget harga tiket pesawat naik

Sejumlah relawan mendeklarasikan gerakan Bulaksumur Untuk Kemenangan Jokowi (Blusukan Jokowi) Yogyakarta di Yogyakarta, Minggu (11/11/2018).
Sejumlah relawan mendeklarasikan gerakan Bulaksumur Untuk Kemenangan Jokowi (Blusukan Jokowi) Yogyakarta di Yogyakarta, Minggu (11/11/2018). | Andreas Fitri Atmoko /Antara Foto

Presiden Joko Widodo mengaku kaget harga avtur yang dijual kepada maskapai penerbangan domestik mendongkrak harga tiket pesawat dengan tajam.

"Berkaitan dengan harga (tiket) pesawat, saya terus terang kaget," kata Jokowi saat menghadiri Gala Dinner Peringatan HUT ke-50 Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) yang digelar di Grand Sahid, Senin (11/2/2019).

Para pengusaha mengeluh, naiknya harga tiket membuat tingkat hunian hotel-hotel berkurang. Apalagi ditambah dengan adanya biaya bagasi untuk penerbangan murah, memukul industri perhotelan berkali-kali.

Jokowi kemudian memanggil Direksi Pertamina. Hasilnya, Pertamina menurunkan harga avtur dari Rp8.210 per liter menjadi Rp7.960 per liter.

Prabowo nyaris ditolak salat Jumat di Semarang

Capres Nomor Urut 02 Prabowo Subianto berpidato saat Pembekalan Relawan Prabowo- Sandi di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (22/11/2018).
Capres Nomor Urut 02 Prabowo Subianto berpidato saat Pembekalan Relawan Prabowo- Sandi di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (22/11/2018). | Muhammad Adimaja /Antara Foto

Prabowo Subianto sempat diisukan ditolak untuk salat Jumat di masjid Agung Kauman, Semarang, Jawa Tengah. Sebab, acara itu disinyalir bermuatan politis.

Tapi isu ini dibantah oleh takmir masjid tersebut. "Kami tidak pernah melarang siapapun salat di Masjid Agung Semarang," ujar Ketua Masjid Agung Semarang, KH Hanief Ismail, Kamis (14/2/2019).

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tak bisa melarang aktivitas ibadah Prabowo. Ketua Bawaslu Abhan mengatakan tidak ada aturan yang melarang pasangan capres-cawapres untuk melakukan agenda ibadah di mana pun. Namun, dalam agenda itu tidak boleh ada unsur kampanye.

"Pada prinsipnya siapa pun yang melakukan ibadah tidak ada larangan. Undang-undang menjelaskan bahwa tempat ibadah dilarang untuk berkampanye," katanya.

Alhasil, Prabowo akhirnya bisa salat Jumat di masjid itu. Selepas salat Jumat ada teriakan 'Prabowo Presiden'. Bawaslu meneliti soal aksi teriakan ini.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR