Mediasi perceraian: maksimum 30 hari

© Sandy Nurdiansyah /Beritagar.id

Meskipun tak dicita-citakan saat sepasang laki-laki dan perempuan menikah, perceraian tetap bisa terjadi. Pengesahan cerai itu dilakukan melalui sidang pengadilan.

Untuk pasangan non-muslim, prosesnya di pengadilan negeri. Untuk pasangan muslim dilakukan di pengadilan agama.

Tentu hakim tak serta-merta meluluskan permintaan cerai. Biasanya ada upaya mendamaikan. Upaya itulah yang disebut mediasi: perundingan di antara suami istri, yang sedang bersengketa menuju perceraian, dengan melibatkan pihak ketiga (mediator).

Jika mediasi buntu sama sekali, hakim mengabulkan cerai. Jika perdamaian, atau rujuk, tercapai karena suami istri dapat bersepakat bulat, penggugat cerai mencabut gugatan.

Kalau kesepakatannya tak bulat, karena ada hal yang tak disepakati oleh suami istri itu, penggugat mengubah gugatannya.

Itu tadi hanya penyederhanaan masalah, dengan merujuk Peraturan Mahkamah Agung No. 1 Tahun 2016 tentang Prosedur Mediasi Di Pengadilan. Peraturan ini tak khusus mengatur sengketa perkawinan tetapi juga, antara lain, sengketa konsumen dan produsen.

Di dalam peraturan itu ada pramediasi. Penggugat dan tergugat harus hadir. Jika salah satu atau keduanya tak dapat hadir, kuasa hukumlah yang mewakili.

Misalkan penggugat, atau tergugat, dua kali tak memenuhi panggilan pengadilan untuk mediasi, tanpa alasan sah, hakim akan menyatakannya tidak beriktikad baik.

Jika penggugat dinyatakan tidak beriktikad baik, gugatannya tak dapat diterima oleh hakim.

Prinsip ini berlaku bagi semua suami istri yang bersengketa karena akan bercerai. Dalam kasus Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama, mantan Gubernur DKI Jakarta -- yang awal bulan ini menggugat cerai istrinya, Veronica Tan -- persoalannya adalah apakah nanti dapat hadir dalam pramediasi dan mediasi. Saat ini ia meringkuk dalam bui. Ia menjalani hukuman dua tahun.

Polri, sebagai pemilik terungku di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, tempat memenjara Ahok, menyatakan siap untuk menghadirkan penggugat.

"Harus ada perintah dari pengadilan untuk menghadirkan tahanan atau narapidana," ujar Kabag Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul (detikNews, 8/1/2018).

Sidang Ahok akan dilangsungkan tertutup di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, mulai Rabu 31 Januari nanti.

Menurut Jootje Sampaleng dari bagian Humas PN Jakut, jika Ahok maupun Vero tak dapat hadir bisa diwakili kuasa hukum (Kompas.com, 10/1/2018).

Proses mediasi paling lama 30 hari. Jika perdamaian belum tercapai, prosesnya bisa diperpanjang maksimum 30 hari.

MUAT LAGI
x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.