Membatasi ruang gerak media di hotel Alila

Tiga pembawa air siraman untuk pengantin pria Bobby saat tiba di Hotel Alila Solo, Selasa (7/11/2017)
Tiga pembawa air siraman untuk pengantin pria Bobby saat tiba di Hotel Alila Solo, Selasa (7/11/2017) | Anang Zakaria /Beritagar.id

Upacara adat pernikahan pasangan Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Afif Nasution dimulai Selasa 7 November 2017 pagi. Sementara keluarga pengantin perempuan menjalani proses siraman dan pemasangan bleketepe di rumahnya, jalan Kutai Utara Solo, Bobby menjalani prosesi siraman di tempatnya menginap, Hotel Alila.

Proses siraman Bobby berlangsung setelah kedatangan tiga orang lelaki pembawa air di hotel pukul 08.50. Mengenakan beskap dan kain serupa, satu di antaranya bertugas membawa kendil berisi air. Setelah turun dari mobil dan memperhatikan sejenak barang bawaan mereka langsung masuk tanpa berkomentar.

Para jurnalis peliput proses siraman itu hanya diperkenankan sampai depan pintu hotel saja. Setelah satu jam berada di dalam hotel, ketiga lelaki pembawa air siraman itu keluar. Lagi-lagi, mereka hanya melemparkan senyum pada awak media yang menunggu di depan pintu hotel. Sebelum akhirnya naik ke mobil dan meninggalkan hotel pada pukul 09.50.

"Memang lebih rapat," kata Marketing Communication Hotel Alila Solo Tiwik Widowati bercerita tentang sistem pengamanan di hotelnya sepanjang berlangsungnya acara pernikahan puteri Presiden Joko Widodo ini.

Pengetatan itu, kata dia, berlangsung sejak sepekan lalu. "Di antaranya ruang gerak untuk media."

Tak ada penjelasan pasti, seperti apa prosesi siraman berlangsung. Keluarga Bobby, diwakili kakaknya Inge Amelia Nasution, Erwan Nasution (adik almarhum Erwin Nasutin, ayah Bobby), dan sekretaris pibadi keluarga Jona Nasution menggelar jumpa pers beberapa saat setelah proses siraman berakhir. Tapi, tak banyak keterangan tentang proses siraman yang mereka sampaikan.

Amelia, di depan awak media, hanya menyampaikan ucapan terima kasih pada masyarakat dan awak media. "Kami merasa diterima di sini," katanya, singkat.

Menurut dia, sepanjang siang hingga malam nanti, Bobby masih akan menjalani beberapa acara. Dari ramah tamah bersama keluarga hingga melakukan riasan untuk menjalani serah terima peningset di rumah pengantin puteri pada Selasa malam.

Keluarga Bobby dalam jumpa pers usai prosesi siraman di hotel Alila Solo, Selasa (7/11/2017).
Keluarga Bobby dalam jumpa pers usai prosesi siraman di hotel Alila Solo, Selasa (7/11/2017). | Anang Zakaria /Beritagar.id

Alila, hotel bintang lima dengan gedung tertinggi se-Solo

Selama menjalani prosesi pernikahannya, Bobby dan keluarga tinggal di Hotel Alila. Terletak di Jalan Slamet Riyadi, Alila merupakan satu di antara sedikit hotel berbintang lima di Solo. Saat ini, gedung hotel berlantai 27 ini tercatat sebagai gedung tertinggi di Solo.

Hotel itu memiliki 255 kamar. 196 kamar Deluxe, 50 kamar executive, 4 kamar super executive, 4 kamar Alila Suite, dan 1 Presindetial Suite. Keluarga Bobby menyewa beberapa kamar di lantai 19 dan 20. Adapun Bobby, kata Tiwik, mendiami satu kamar Alila Suite di lantai itu. "Prosesi siramannya berlangsung di kamar," katanya.

Alila Suite berukuran seluas 90 meter persegi. Kamar yang dilengkapi kolam renang pribadi itu dibanderol dengan harga Rp7,5 juta per malam. Ukurannya yang luas, membuat Alila Suite ini lebih dari sekadar kamar tinggal. "40 orang bisa masuk," kata Tiwik.

Menurut dia, pengamanan di hotel ini terbilang cukup ketat. Bahkan di hari biasa, di luar berlangsungnya prosesi pernikahan puteri Presiden Joko Widodo pekan ini, para tamu dan pegawai harus melewati pintu pendeteksi logam untuk masuk ke hotel. "Kami juga diperiksa," katanya.

Karena dua alasan itulah, keamanan dan kenyamanan, ia menduga, hotel ini dipilih menjadi tempat menginap calon menantu presiden dan keluarganya. Tak hanya itu, sejumlah petinggi negara dan kepala daerah dilaporkan juga menginap di hotel ini.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR