Menggali inovasi perbankan lewat program IdeatiON 2019

Finalis IdeatiON yang didampingi oleh Julie Anwar, Head of Human Capital Bank OCBC NISP (kanan) dan Rama Mamuaya, Founder and Chief Executive Officer Daily Social (dua dari kanan) berbagi pengalaman saat mengikuti IdeatiON 2018.
Finalis IdeatiON yang didampingi oleh Julie Anwar, Head of Human Capital Bank OCBC NISP (kanan) dan Rama Mamuaya, Founder and Chief Executive Officer Daily Social (dua dari kanan) berbagi pengalaman saat mengikuti IdeatiON 2018. | /OCBC NISP

Sebagai generasi yang menjadi tumpuan bangsa Indonesia kelak, milenial dituntut untuk berkreasi dan berinovasi guna mewujudkan perekonomian yang kuat bagi Indonesia.

Untuk mencapai titik tersebut, dibutuhkan wadah yang dapat mengeluarkan potensi terbaik dalam diri generasi muda terutama mahasiswa. Berangkat dari semangat mewadahi kaum milenial, Bank OCBC NISP kembali mengadakan program IdeatiON 2019.

IdeatiON merupakan ajang bagi generasi muda, terutama mahasiswa, untuk meningkatkan rasa percaya diri dan berani memberikan ide inovasi positif untuk perbaikan ekonomi Indonesia. Program ini kali pertama diadakan pada 2018 lalu.

Mengusung tema “Banking for Better Indonesia”, IdeatiON ingin lebih banyak terlibat di kalangan mahasiswa dalam menanamkan ide inovasi positif untuk membantu transformasi industri perbankan agar tetap relevan dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat Indonesia

“Sesuai dengan brand essence kami, yakni mutual growth driven by knowledge, Bank OCBC NISP berkomitmen untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat dengan berbagi pengetahuan melalui solusi produk, layanan, dan inisiatif yang kami hadirkan,” papar Julie Anwar, Head of Human Capital Bank OCBC NISP.

Sebagai salah satu pelaku di industri perbankan, Bank OCBC NISP memiliki tanggung jawab untuk ambil bagian dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan, khususnya pemanfaatan inovasi digital. Menukil survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan pada 2016, tingkat indeks literasi keuangan adalah 29,66 persen dan indeks inklusi keuangan adalah 67,82 persen.

Dengan data tersebut, Rama Mamuaya, Founder and Chief Executive Daily Social merasa harus ada inisiatif dari seluruh pelaku industri untuk mempelajari ide-ide kreatif dalam menjadikan Indonesia lebih baik, salah satunya melalui peningkatan literasi dan inklusi keuangan.

“Saya melihat IdeatiON ini merupakan cara kreatif bagi perusahaan untuk belajar ide-ide baru yang relevan dan dapat menjadi kesempatan untuk mengembangkan bisnis perbankan. Selain itu, para peserta juga mendapatkan ilmu dan pengalaman yang akan menjadi bekal buat mereka untuk berkarya di masa mendatang,” tukas Rama.

Bagi mahasiswa yang ingin berpartisipasi dalam program IdeatiON 2019 dapat menyampaikan ide-ide terbaiknya dalam bentuk video, kemudian mengunggah ide tersebut ke kanal Youtube, dan mendaftarkannya melalui situs www.ocbcnisp.com mulai 7 Januari hingga 25 Maret 2019.

Nantinya, peserta yang terpilih menjadi finalis berkesempatan mengikuti program Prototyping Workshop selama dua hari; 10-11 April 2019. Workshop yang didampingi oleh Wilianto Consulting ini, menjadi kesempatan para finalis untuk mempertajam dan mengaplikasikan ide yang dihasilkan. Ide-ide terbaik tersebut akan dinilai oleh jajaran manajemen Bank OCBC NISP.

Pada puncak program, para finalis akan melakukan final presentation untuk memperebutkan hadiah senilai total Rp100 juta dan kesempatan mengikuti International Banking Forum serta berkunjung ke The Open Vault OCBC Group. Tak sampai situ, finalis juga berkesempatan untuk magang di Bank OCBC NISP dengan pendampingan langsung dari jajaran manajemen dan terlibat langsung dalam kegiatan bisnis Bank OCBC NISP.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR