Menyimak aturan pembatasan usia mobil di atas 10 tahun

Foto ilustrasi mobil berusia di atas 10 tahun
Foto ilustrasi mobil berusia di atas 10 tahun | Weda /EPA

Wacana pembatasan usia mobil yang boleh melintas di jalur protokol Jakarta kembali bergulir. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok pernah berujar, usia mobil pribadi di atas 10 tahun tidak diperkenankan untuk melintas di Jakarta.

Ahok mengatakan peraturan pembatasan usia mobil 10 tahun ini akan dilaksanakan pada 2017 nanti.

Alasannya? Detik.com memaparkan tiga alasan mengapa usia mobil pribadi di Jakarta dibatasi 10 tahun saja, antara lain:

1. Mengurangi kemacetan

Salah satu faktor penyebab kemacetan di Jakarta adalah volume kendaraan yang melebihi kapasitas jalan raya yang ada. Oleh karena itu, jika mobil berusia 10 tahun sudah tidak boleh melewati ibu kota, kemungkinan kemacetan akan berkurang secara drastis.

2. Menjaga emisi bersih

Emisi berkaitan dengan polusi udara, dengan menjaga emisi tetap bersih maka polusi udara akan berkurang. Mobil dengan usia lebih dari 10 tahun pasti sudah sering keluar masuk bengkel sehingga mesin mobil sudah tua dan mengeluarkan polusi udara yang berlebih.

3. Memaksa warga ibu kota menggunakan kendaraan umum

Ahok ingin membuat semua warga ibu kota menaiki kendaraan umum di tahun 2017 nanti, agar lebih teratur dan tidak terjadi hal-hal yang membuat warga mengeluh terus menerus.

Guna melaksanakan rencana ini, Pemprov DKI tengah mengkaji untuk merevisi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 tahun 2014 tentang Transportasi.

Nantinya, pasal 51 dalam Perda tersebut yang mengatur pembatasan usia kendaraan umum, akan diterapkan juga pada kendaraan pribadi.

Selain itu, dalam menerapkan aturan baru ini nanti, Pemprov DKI akan semakin mempertegas penerapan pasal 78 ayat (2) poin i dalam Perda tersebut, yang mengatur penerapan pajak progresif bagi kendaraan-kendaraan bermotor.

Dilansir dari laman Viva.coid, pemilik kendaraan yang bersikeras ingin tetap menggunakan mobilnya walaupun kendaraannya telah berusia di atas 10 tahun, akan dikenakan pajak kendaraan yang nilainya besar.

Pakar otomotif Suhari Sargo menilai Jakarta dan Indonesia secara umum masih belum siap menerapkan sistem pembatasan usia mobil.

Sebab, kata Suhari, infrastruktur yang ada saat ini belum dapat menggantikan fungsi mobil dalam kehidupan masyarakat. "Ahok maunya meniru Singapura, tapi kan berbeda infrastrukturnya," ujarnya kepada Tempo.

Saat ini, tutur Suhari, angkutan umum dan sarana transportasi di Indonesia, khususnya di Jakarta, belum memcukupi kebutuhan masyarakat. Suhari mengatakan ada alternatif kebijakan yang lebih cocok ketimbang melarang penggunaan mobil berusia di atas 10 tahun.

Kebijakan yang diusulkan adalah pemeriksaan kondisi mobil saat perpanjangan surat tanda nomor kendaraan (STNK). "Kalau sudah tak layak, baru dilarang jalan."

Sementara itu, terkait mobil yang telah lewat masa usia. Ahok menyarankan supaya warga dapat menjual mobil tersebut ke daerah. Supaya, warga tidak mengalami kerugian atas pembatasan usia yang dilakukan Pemprov DKI ini.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR