SOROTAN MEDIA

Menyorot aturan celana panjang Paskibraka putri

Ilustrasi: Presiden Joko Widodo menyalami anggota Paskibraka  di Istana Negara, Jakarta.
Ilustrasi: Presiden Joko Widodo menyalami anggota Paskibraka di Istana Negara, Jakarta. | Oji /setkab.go.id

Penggunaan celana panjang oleh anggota Paskibraka Nasional 2019 putri telah sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 71 Tahun 2018 Tentang Tata Pakaian pada Upacara Kenegaraan dan Acara Resmi. Hal itu disampaikan oleh Deputi Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga, Asrorun Ni'am Sholeh, Senin (29/7/2019).

Di media sosial banyak pihak yang menyoal penggunaan celana panjang untuk anggota perempuan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2019. Mereka mengaitkan dengan sentimen kelompok tertentu.

Paskibraka Nasional 2019 yang akan upacara bendera di Kompleks Istana Kepresidenan, 17 Agustus mendatang, untuk putri yang berhijab diwajibkan bercelana panjang, sedang yang tidak berhijab boleh mengenakan rok, tapi diimbau untuk menggunakan celana panjang agar seragam dengan anggota lain yang berhijab.

Ringkasan

  • Penggunaan celana panjang atau rok untuk perempuan dalam upacara kenegaraan tidak seharusnya dikaitkan dengan sentimen tertentu.
  • Pasal 4 Presiden (Perpres) Nomor 71/2018 tentang Tata Pakaian pada Upacara Kenegaraan dan Acara Resmi, mengatur penggunaan rok atau celana panjang bagi perempuan.

  • Perpres ini baru diundangkan 23 Agustus 2018. Jadi pada 2019 ini Paskibraka dilakukan penyesuaian dengan Perpres tersebut.
  • Peraturan mengenai penggunaan celana panjang bagi perempuan dalam upacara juga ada di Peraturan Kapolri Nomor 6/2018 tentang Pakaian Dinas.
  • Selain itu, Peraturan Menteri Pertahanan RI Nomor 9/2017 tentang Pakaian Seragam yang mengatur penggunaan rok atau celana panjang bagi seragam wanita.
  • Saat ini, 68 orang calon anggota Paskibraka Nasional 2019 sedang menjalani pendidikan dan pelatihan intensif di Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PP-PON) Cibubur, Jakarta Timur.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 4 pemberitaan, diikuti peringkat kedua covesia.com dengan 2 pemberitaan. selanjutnya wowkeren.com dengan 1 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 09:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 09:00 WIB dengan total 9 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh kompas.com dengan 619 interaksi, diikuti peringkat kedua detik.com dengan 493 interaksi. Selanjutnya liputan6.com dengan 301 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR