Misteri pemilik kulit kabel penyumbat selokan dekat Istana terungkap

Petugas dari Dinas Tata Air Pemprov DKI Jakarta mengangkat kulit kabel yang menyumbat  gorong-gorong di kawasan Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (4/3). Pemrov DKI Jakarta mulai membersihkan sejumlah gorong-gorong untuk mengantisipasi terjadinya genangan di beberapa wilayah di Jakarta.
Petugas dari Dinas Tata Air Pemprov DKI Jakarta mengangkat kulit kabel yang menyumbat gorong-gorong di kawasan Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (4/3). Pemrov DKI Jakarta mulai membersihkan sejumlah gorong-gorong untuk mengantisipasi terjadinya genangan di beberapa wilayah di Jakarta. | Muhammad Adimaja /ANTARA FOTO

Teka-teki pemilik kulit kabel yang menyumbat gorong-gorong di Jalan Medan Merdeka Selatan, tempat Istana Negara dan di depan Kedutaan AS hingga Balaikota DKI Jakarta mulai terkuak. Dari hasil wawancara yang dilakukan Ditreskrimsus Polda Metro Jaya bersama Sudin Tata Air Pemda DKI kepada PLN dan Telkom, PLN mengakui kulit kabel itu miliknya.

"Sementara kesimpulan kita kemungkinan, kemungkinan ya, kabel dari listrik yaitu PLN," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian seperti dilansir Detikcom. "Gulungan bungkus itu mirip gulungan PLN bukan Telkom."

Apa beda kabel PLN dan Telkom?

Menurut Tito, kompartemen pada gulungan kabel PLN berbeda dengan kabel Telkom. Kabel PLN, kata Tito, digulung kemudian isinya batangan logam dan di dalamnya ada tembaga atau timah yang berfungsi menghantarkan listrik.

"Kalau (kabel) Telkom, gulungannya lebih besar dan di dalamnya isinya serabut-serabut kabel kecil yang jumlahnya ratusan," katanya.

Temuan penyumbat selokan yang ada di dekat Istana Negara itu terungkap saat petugas dari Suku Dinas Tata Air Jakarta Pusat menyisir selokan depan kantor Kementerian ESDM pada Rabu (24/2/2016). Sungguh mengejutkan. Ternyata saluran selokan itu dipenuhi kulit kabel. Pada hari itu, petugas mengangkat kulit kabel sebanyak satu truk penuh.

Petugas Suku Dinas Tata Air Jakarta Pusat mencari sisa kulit kabel di saluran air Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (3/3). Kulit kabel sebanyak dua truk kembali diangkat dan dibawa ke tempat penampungan sementara di Bendungan Hilir, Jakarta Pusat.
Petugas Suku Dinas Tata Air Jakarta Pusat mencari sisa kulit kabel di saluran air Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (3/3). Kulit kabel sebanyak dua truk kembali diangkat dan dibawa ke tempat penampungan sementara di Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. | Yossy Widya /ANTARA FOTO

Petugas pun terus menggali selokan itu. Ternyata hingga Rabu (3/3/2016), kulit kabel yang diangkut mencapai 17 truk dan terus bertambah hingga 20 truk ukuran sedang.

Kulit kabel itu menutup selokan sepanjang 40 meter di sepanjang selokan Jalan Medan Merdeka Selatan.

Kulit kabel yang ditemukan di sepanjang Jalan Medan Merdeka Selatan satu jenis. Sumbatan kulit kabel itu juga hanya ditemukan di sepanjang selokan Jalan Medan Merdeka Selatan.

Temuan itu membuat Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok geram. Ia meminta bantuan Polda Metro Jaya untuk menyelidiki siapa pemilik kulit kabel itu.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR