KECELAKAAN KERJA

Moratorium jalan layang setelah 14 kali celaka

"Ini kejadian yang 14. Jadi kami ambil langkah-langkah. Kami ingin mengantisipasi supaya tidak terjadi lagi," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Jakarta dua hari lalu.

Yang Basuki maksudkan langkah adalah moratorium, atau penghentian pembangunan semua jalan layang (Bisnis.com, 20/2/2018).

Lantas Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Arie Setiadi Moerwanto, bilang, "Kami evaluasi, masing-masing direktur utama dari kontraktor itu mengajukan lagi metode kerjanya, sistem utamanya, sebelum kami izinkan (kembali) melakukan itu." (h/t Kompas.com)

Sedangkan Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR, Syarif Burhanuddin, mengatakan pemerintah akan mengevaluasi pengerjaan konstruksi pada malam hari (h/t Kompas.com).

Tentang moratorium proyek, belum jelas kapan batas waktunya. Adapun sanksi untuk PT Waskita Karya, salah satu kontraktor badan usaha milik negara, yang sejumlah proyeknya mengalami kecelakaan, Menteri BUMN, Rini Soemarno, berkata, "Kalau sudah ada laporannya itu, baru kita tahu sanksinya." (Tribunnews.com, 21/2/2018)

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR