PELECEHAN SEKSUAL

Morgan Freeman juga tersandung isu pelecehan seksual

Morgan Freeman saat menghadiri Toronto Film Festival, Toronto, Kanada (17/9/2005).
Morgan Freeman saat menghadiri Toronto Film Festival, Toronto, Kanada (17/9/2005). | Everett Collection /Shutterstock

Senasib dengan produser Hollywood Harvey Weinstein, Morgan Freeman juga tersandung kasus pelecehan seksual. Aktor pemeran Thaddeus Bradley dalam film Now You See Me itu dituduh melecehkan sejumlah perempuan dalam lingkungan kerjanya.

Menanggapi hal tersebut, lelaki berusia 80 tahun itu segera merilis dua permintaan maaf yang ditulisnya pada Selasa (22/5/2018) dan Jumat (25/5) sekaligus pernyataan soal tuduhan tersebut. Dalam pernyataannya tersebut, ia juga mengatakan bahwa dirinya hancur karena kini karier dan hidupnya dapat rusak dalam sekejap karena pemberitaan itu.

"Semua korban dari pelecehan dan kekerasan berhak untuk didengar. Dan kita harus mendengarkan mereka. Tapi tidak benar untuk menyamakan insiden mengerikan dengan pujian dan humor yang salah tempat," jelasnya.

Dalam surat itu ia juga menulis, dirinya tak pernah menciptakan suasana dan lingkungan kerja yang tak aman. Ia juga mengaku tak pernah menawarkan seks sebagai imbalan untuk apapun bagi para pekerja di lokasi syuting, sehingga berita apapun yang menyebut demikian sudah pasti salah.

Pun begitu, Freeman mengakui bahwa dirinya kerap membuat lelucon di lokasi bekerjanya dan menduga, mungkin saat itu ia tengah berlaku tak sopan sehingga membuat beberapa orang salah paham.

Hingga saat ini ada 16 orang--delapan korban dan delapan saksi mata--yang telah menyatakan bahwa mereka menyaksikan tindak tak pantas yang dilakukan Freeman.

Hal ini berawal dari laporan CNN, pihak pertama yang mengklaim telah melakukan investigasi selama enam bulan terhadap sikap Morgan Freeman.

Beberapa tuduhan tersebut menyebutkan bahwa Freeman berulang kali melakukan hal yang membuat perempuan yang ada di lokasi syuting merasa tak nyaman.

Salah satunya adalah seorang asisten produksi yang baru saja mulai bekerja. Saat itu perempuan yang tak disebutkan namanya ini bekerja di produksi film Going In Style yang dibintangi Freeman, Michael Caine, serta Alan Arkin pada 2015.

Ia mengaku Freeman yang di film tersebut berperan menjadi Willie kerap menggodanya dengan berusaha menyentuh dan menyingkap rok yang dikenakannya. Freeman juga tak ragu untuk menaruh tangannya dan mengusap punggung bagian bawahnya.

"Dia terus berusaha menyingkap rok dan bertanya apakah saya mengenakan pakaian dalam," cerita perempuan tersebut. Meskipun demikian, ia juga mengatakan bahwa Freeman tak pernah benar-benar berhasil mengangkat roknya. Apalagi saat itu lawan mainnya Alan Arkin sempat menegurnya dan menyuruhnya untuk berhenti.

Hal yang serupa juga pernah terjadi pada 2012 saat ia tengah dalam proses produksi untuk film Now You See Me.

"Ia berkomentar tentang tubuh kami ... Kami tahu karena ia akan mengatakan ... untuk tak mengenakan atasan yang menampakkan dada kami, untuk tak mengenakan apapun yang menampakkan bokong kami, artinya untuk tak mengenakan apapun yang pas di tubuh," sebutnya.

Selain para pekerja, Freeman juga pernah dianggap melecehkan Janet Mock, seorang pembawa acara sekaligus aktivis saat berada di depan kamera. Ia mengatakan kepada Mock bahwa dirinya mengenakan gaun yang terlalu minim sambil menyilangkan kaki di depannya.

Namun, Freeman menjelaskan bahwa akar dari permasalahan yang menerpanya adalah murni kesalapahaman dan dia meminta maaf karena telah membuat pihak yang bersangkutan tidak nyaman.

"Saya mengaku bahwa saya adalah seseorang yang merasa harus membuat perempuan--dan lelaki--merasa dihormati ketika berada di sekitar saya. Sebagai salah satunya, saya kerap mencoba melempar candaan dan pujian terhadap perempuan, yang saya pikir cukup ringan dan humoris," jelas Freeman.

"Tapi saya jelaskan bahwa intensi saya tak lebih dari itu. Dan untuk itu saya meminta maaf pada Selasa dan akan terus meminta maaf kepada siapapun yang telah saya sakiti meskipun tak bermaksud ke sana."

Saat ini beberapa perusahaan yang bekerja sama dengan Morgan Freeman telah mencabut penayangan iklan-iklannya. Screen Actors Guild (SAG) Award yang telah memberikan Lifetime Achievement pada 2018 juga tengah mempertimbangkan untuk menarik penghargaan tersebut.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR