SOROTAN MEDIA

Muhammadiyah: Idulfitri 5 Juni, Pemerintah tunggu sidang isbat 3 Juni

Ilustrasi: Petugas mengamati posisi hilal (bulan) saat dilakukan rukyatul hilal guna menentukan awal bulan Ramadhan 1440 H.
Ilustrasi: Petugas mengamati posisi hilal (bulan) saat dilakukan rukyatul hilal guna menentukan awal bulan Ramadhan 1440 H. | Saiful Bahri/aww. /ANTARA FOTO

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan Idulfitri 1 Syawal 1440 Hijriah jatuh pada 5 Juni 2019. Penetapan tersebut disampaikan oleh Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir, saat buka bersama dengan wartawan di Kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta (30/5/2019)

Penetapan ini menurut Haedar, diambil berdasarkan hasil hisab haqiqi Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah. Ia memprediksi penetapan 1 Syawal oleh Muhammadiyah tahun ini tidak akan berbeda dengan golongan maupun organisasi lainnya.

Meskipun demikian jika penetapan Hari Raya Lebaran ini nantinya berbeda tidak perlu dijadikan masalah.

Sementara itu Kementerian Agama (Kemenag) melalui Ditjen Bimas Islam akan menggelar sidang isbat (penetapan) Idulfitri 1440H, pada Senin 3 Juni. Setelah sebelumnya mendengarkan laporan hasil pemantauan hilal (rukyatul hilal) yang dilakukan pada 105 titik lokasi di seluruh Indonesia.

Ringkasan

  • Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, menetapkan Idulfitri 1 Syawal 1440 Hijriah jatuh pada 5 Juni 2019.
  • Penetapan tersebut berdasarkan hasil hisab haqiqi dari majelis tarjih dan tajdid PP Muhammadiyah.
  • Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir memerkirakan penetapan Hari Raya Lebaran tahun ini tidak akan berbeda dengan golongan maupun organisasi lainnya.
  • Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dijadwalkan akan memimpin langsung sidang isbat penetapan Idulfitri 1440H, atau 1 Syawal 1440H/ 2019M pada Senin, 3 Juni.
  • Kementerian Agama bersama lembaga lain melakukan pemantauan hilal (rukyatul hilal) yang dilakukan pada 105 titik lokasi di seluruh Indonesia.
  • Diharapkan Idulfitri tahun ini tidak berbeda antara Muhammadiyah dengan Pemerintah maupun ormas lainnya.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh viva.co.id dan merdeka.com dengan 2 pemberitaan, diikuti peringkat kedua medcom.id dengan 2 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 13:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 06:00 WIB dengan total 4 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah sebaran pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh viva.co.id dengan 4345 sebaran, diikuti peringkat kedua merdeka.com dengan 761 sebaran. Selanjutnya harianhaluan.com dengan 464 sebaran pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR