SOROTAN MEDIA

MUI perbolehkan daging kurban dibagikan berupa olahan

Petugas Dinas Pertanian Kota Padang melakukan pemeriksaan kesehatan dan kelayakan hewan kurban, di kandang pedagang sapi, Padang, Sumatera Barat, Selasa (6/8/2019). Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk menjamin kelayakan dan kesehatan hewan kurban.
Petugas Dinas Pertanian Kota Padang melakukan pemeriksaan kesehatan dan kelayakan hewan kurban, di kandang pedagang sapi, Padang, Sumatera Barat, Selasa (6/8/2019). Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk menjamin kelayakan dan kesehatan hewan kurban. | Muhammad Arif Pribadi /Antara Foto

Umumnya, daging hewan kurban dibagikan dalam bentuk mentah kepada mereka yang layak menerimanya. Fatwa terbaru Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan daging tersebut boleh (mubah) dibagikan dalam bentuk olahan, misalnya rendang.

Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Ni'am Sholeh, Jumat (9/8/2019) menjelaskan, fatwa tersebut dikeluarkan MUI atas dasar permintaan dari masyarakat.

Atas dasar pertimbangan kemaslahatan, daging kurban boleh (mubah) untuk didistribusikan secara tunda (ala al-tarakhi). Ini misalnya agar jangkauan distribusi bisa lebih luas, sehingga nilai maslahat pun bertambah.

Ringkasan

  • Dalam fatwa terbaru ini, MUI menjelaskan hukum bolehnya membagikan daging kurban dalam bentuk olahan dalam kondisi tertentu.
  • Dalam fatwa No 37 yang ditetapkan sejak Rabu (7/8/2019) itu juga disebutkan bahwa mendistribusikan daging kurban ke daerah lain--bukan daerah tempat hewan kurban itu disembelih--juga diperbolehkan.
  • Selanjutnya, daging agar didistribusikan untuk memenuhi hajat orang yang membutuhkan di daerah terdekat.
  • Chief Executive Officer (CEO) Rumah Zakat, Nur Effendi, mengapresiasi fatwa MUI tersebut karena masyarakat akan lebih paham mengenai daging kurban olahan, seperti dalam bentuk kornet dan rendang.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh republika.co.id dengan 2 pemberitaan, diikuti peringkat kedua viva.co.id dan saibumi.com dengan 1 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 10:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 03:00 WIB dengan total 3 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh viva.co.id dengan 73 interaksi, diikuti peringkat kedua radarcirebon.com dengan 29 interaksi. Selanjutnya liputan6.com dengan 11 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR