SOROTAN MEDIA

Nama calon menteri mulai masuk kantong Jokowi

Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan cucu Jan Ethes saat mengunjungi Mall Paragon, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (27/7/2019). Presiden Joko Widodo memanfaatkan akhir pekan di kampung halaman Solo dengan berjalan-jalan bersama keluarga ke pusat perbelanjaan sambil menyapa warga.
Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan cucu Jan Ethes saat mengunjungi Mall Paragon, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (27/7/2019). Presiden Joko Widodo memanfaatkan akhir pekan di kampung halaman Solo dengan berjalan-jalan bersama keluarga ke pusat perbelanjaan sambil menyapa warga. | Mohammad Ayudha /Antara Foto

Presiden Joko "Jokowi" Widodo, yang akan memasuki masa jabatan kedua pada Oktober, menyatakan nama-nama calon menteri untuk periode pemerintahan 20019-2024 mulai dikumpulkan. Namun ia menegaskan penyusunan Kabinet Kerja Jilid II belum rampung.

"Pembentukan kabinet belum, tetapi sudah mulai masuk nama-nama calon dan terus semakin banyak mengumpulkan pilihan-pilihan, memilihnya akan menjadi semakin mudah," kata Jokowi di warung makan Mbah Karto, Kabupaten, Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu, 28 Juli 2019.

Ia juga mengisyaratkan akan banyak wajah-wajah muda pada kabinet nanti. Mereka dianggap lebih bisa menghadapi perkembangan dunia yang amat dinamis.

“Perkembangan dunia yang dinamis yang perlu direspons secara cepat, perlu energi yang energik," ujar mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Ringkasan

  • Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan sudah mengantongi nama para calon menteri untuk Kabinet Kerja jilid II.
  • Menurut Jokowi, semakin banyak nama calon menteri yang masuk akan semakin banyak alternatif, sehingga semakin mudah untuk memilih.
  • Namun saat ini, dia masih belum memutuskan nama-nama yang akan masuk dalam Kabinet Indonesia Kerja Jilid II.
  • Seperti beberapa kali disampaikannya, Jokowi menegaskan kembali akan banyak menteri berusia muda dalam kabinet mendatang.
  • Namun ketika disinggung mengenai kemungkinan perampingan kabinet, ia mengungkapkan belum sampai memikirkannya.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 8 pemberitaan, diikuti peringkat kedua antaranews.com dengan 4 pemberitaan. selanjutnya viva.co.id dengan 2 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 16:00 hingga 22:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 19:00 WIB dengan total 8 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh tempo.co dengan 173 interaksi, diikuti peringkat kedua viva.co.id dengan 75 interaksi. Selanjutnya antaranews.com dengan 37 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR