SOROTAN MEDIA

Niat Demokrat merapat ke Jokowi, antara disambut dan tidak

SILATURAHMI | Foto arsip Presiden Joko Widodo menerima Komandan Komando Satuan Tugas Bersama  Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (2/5/2019), dua pekan setelah pemilu.
SILATURAHMI | Foto arsip Presiden Joko Widodo menerima Komandan Komando Satuan Tugas Bersama Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (2/5/2019), dua pekan setelah pemilu. | Wahyu Putro /Antara Foto

Sejak lama terlihat gelagat Partai Demokrat ingin merapat ke koalisi Joko "Jokowi" Widodo. Namun niat itu terkendala komunikasi tak mulus antar-ketua umum: Susilo Bambang Yudhoyono (Demokrat) dan Megawati Soekarnoputri (PDI Perjuangan).

Lantas pekan ini muncul lagi wacana itu dan menuai aneka tanggapan. Maka isi berita adalah lintas pernyataan — termasuk komentar pengamat. Bukan ucapan masing-masing ketum.

Ada yang setuju, misalnya Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Sadzily (14/8/2019). Ada pula yang tak menyambut, misalnya politikus PDIP Andreas Hugo Pareira, yang menganggap Demokrat terlambat. Namun Wasekjen PDIP Sadarestuwati menduga partainya akan menerima.

Ringkasan

  • Direktur Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma), Said Salahudin menganggap, sebenarnya tak ada yang baru dari sikap dan pernyataan politik Partai Demokrat yang sekarang memutuskan mendukung dan bergabung ke pemerintahan Jokowi-KH.
  • Meski belum menyatakan dukungan secara resmi, Partai Demokrat terlihat sudah menetapkan sikap politiknya untuk lima tahun ke depan.
  • Partai Golkar lantas menyambut baik apabila Demokrat akan merapat ke pemerintahan Jokowi- Ma`ruf Amin .
  • Ada yang ingin bergabung dengan pemerin- tahan Jokowi, ada juga yang ingin jadi oposisi.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 4 pemberitaan, diikuti peringkat kedua merdeka.com dan liputan6.com dengan 3 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 01:00 hingga 19:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 09:00 WIB dengan total 4 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh liputan6.com dengan 516 interaksi, diikuti peringkat kedua merdeka.com dengan 47 interaksi. Selanjutnya breakingnews.co.id dengan 11 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR