NATAL DAN TAHUN BARU

Operasi Lilin 2018 kerahkan 167 ribu personel

Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto (kedua kiri) bersama Komandan Brigade Infanteri4 Marinir Kolonel Marinir Bambang Hadi Suseno (kedua kiri) memeriksa pasukan saat apel pasukan Operasi Lilin Krakatau 2018 di Lapangan Korem 043 Garuda Hitam Lampung, Lampung, Jum'at (21/12/2018).
Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto (kedua kiri) bersama Komandan Brigade Infanteri4 Marinir Kolonel Marinir Bambang Hadi Suseno (kedua kiri) memeriksa pasukan saat apel pasukan Operasi Lilin Krakatau 2018 di Lapangan Korem 043 Garuda Hitam Lampung, Lampung, Jum'at (21/12/2018). | Ardiansyah /AntaraFoto

Menghadapi Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2019, tim gabungan Kepolisian RI dan TNI kembali menjalankan kegiatan pengamanan bersama yang disebut "Operasi Lilin".

Kegiatan ini diawali dengan apel yang dilakukan secara terpusat dan serentak di seluruh Kepolisian Daerah di Indonesia, Jumat (21/12/2018), guna mengecek persiapan dan kekuatan operasi tahunan tersebut.

"Polri bersama jajaran TNI dan segenap stakeholder lainnya menggelar operasi kepolisian terpusat dengan Sandi Lilin 2018 yang melibatkan 167.783 personel," kata Kasdam Jaya Brigjen Suharyanto saat melakukan apel di Lapangan Ditlantas Polda Metro Jaya, seperti dikutip CNNIndonesia.com, Jumat (21/12).

Adapun operasi ini merupakan amanat Kapolri Jenderal Tito Karnavian guna mengantisipasi sejumlah kejahatan yang berpotensi terjadi pada perayaan Natal dan Tahun Baru 2019. Terutama untuk mencegah terorisme, sweeping ormas, dan aksi intelorenasi, meski hingga saat ini Polri menegaskan tidak ada ancaman terorisme atau kejahatan lainnya.

Untuk itu, tim TNI-Polri pun telah ditempatkan di sejumlah rumah ibadah, terutama gereja yang akan mengadakan acara Natal.

Misalnya seperti di Bogor, ada 48 gereja yang akan dijaga. Khusus untuk gereja Katedral di Jalan Kapten Muslihat dan GPIB Zebaot yang di Jalan Juanda dengan jumlah jamaah yang cukup besar, pengamanan disertai sterilisasi.

“Gereja yang cukup besar dengan jemaatnya banyak, kami akan lakukan upaya sterilisasi. Untuk gereja yang kecil kita lakukan upaya sterilisasi manual,” jelas Kapolresta Bogor Kota, Kombes Ulung Sampurna Jaya, seperti dikutip Poskotanews, Jumat (21/12).

Selain itu, peningkatan intensitas kegiatan masyarakat juga dikhawatirkan akan memunculkan potensi meningkatnya pula kejahatan konvensional seperti begal, premanisme, maupun aksi street crime seperti pencurian pencopetan.

Ditambah lagi rawannya kecelakaan karena arus mudik. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, akan ada Pos Pengamanan (Pospam) di titik-titik pusat keramaian.

"Di samping itu pula menegakan aturan terkait tempat hiburan dan penjualan minuman beralkohol yang perlu dilakukan secara bersama-sama dengan pemda setempat," lanjut Suharyanto, dikutip CNNIndonesia.

Di Jakarta akan ada sebanyak 150 Pospam yang didirikan dengan mengerahkan 11.403 anggota yang disebar di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Akan ada 13 Polda prioritas yang melaksanakan operasi selama 12 hari terhitung per tanggal 21 Desember 2018, yakni Sumatra Utara, Lampung, Banten, Metro Jaya, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Timur, Bali, Sulawesi Utara, Maluku, Nusa Tenggara Timur, dan Papua.

Sementara itu, di daerah lainnya Operasi Lilin akan dilaksanakan selama 10 hari sejak 23 Desember 2018 hingga 1 Januari 2019.

Selain rumah ibadah, para anggota juga akan ditempatkan di tempat rekreasi hingga pusat-pusat perbelanjaan. Tak ketinggalan pula bandara, stasiun, pelabuhan, serta terminal yang kerap dipadati oleh para pemudik.

"Tempat wisata ada di Ragunan, ada di Kota Tua, Ancol, atau Pulau Seribu, semuanya kita amankan karena itu adalah hari libur, yang banyak masyarakat memanfaatkan hari libur itu. Kita berharap insyaallah aman," jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, seperti dikutip Wartakota, Kamis (20/12).

Operasi Lilin 2018 juga dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi kecelakaan moda transportasi dari darat, laut dan udara, hingga kemacetan, serta ketersediaan dan stabilitas harga pangan.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR