PERLINDUNGAN KONSUMEN

Pabriknya meleng, ada cacing dalam ikan kaleng

Parasit cacing Anisakis simplex, dalam 27 merek ikan makerel kalengan, itu sudah mati. Ketika konsumen mengolah makerel bersaus tomat sebelum menyantap, lengkaplah tuntas riwayat si cacing. Si cacing tak berbahaya.

Keyakinan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Penny K. Lukito, itu senada dengan pendapat Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek pekan lalu di DPR. Si cacing mati matang tak membahayakan (TribunMedan.com, 31/3/2018).

Menurut Pusat Pengawasan dan Pencegahan Penyakit (CDC), Departemen Kesehatan Amerika Serikat, kalau pun muncul akibat serius dari cacing, hal itu dapat diobati. Yang sudah terbukti adalah pemberian albendazole 400 mg, secara oral, dua kali sehari selama enam hingga 21 hari.

Meskipun tak membahayakan, keberadaan cacing -- yang mengandung protein -- dalam ikan kalengan, kalau terlihat oleh konsumen, memang menimbulkan rasa jijik dan tak nyaman. Jika itu terjadi, berarti produsen tak cermat dalam menjaga mutu.

Terhadap praduga ketidakcermatan, CV Pasific Harvest (PH), produsen ikan kalengan Gaga, membantahnya. Manajer produksi, Ronny Fajar Laksana, mengatakan semua proses terkontrol (Kompas.com, 1/4/2018).

Gaga termasuk produk yang oleh BPOM diketahui mengandung cacing. PH, yang berbasis di Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur, mendatangkan makerel dari Tiongkok dan Jepang. Setelah ikan datang pun harus masuk karantina.

Sejauh BPOM meneliti sampel, yang ada cacingnya adalah ikan makerel kalengan. Adapun untuk ikan sarden kalengan, BPOM belum menemukan cacing.

Ikan sarden (bukan makerel) kalengan produksi Indonesia biasanya menggunakan ikan lemuru (Sardinella lemuru). Karena lemuru banyak terdapat di Selat Bali, ikan tersebut dalam laman FAO juga dinamai Bali sardinella (Inggris), Sardinelle de Bali (Prancis), dan Sardinela de Bali (Spanyol).

Soal lain, tentang istilah, mana yang benar: ikan kaleng atau ikan kalengan? Kedua istilah itu hidup dan diterima. Maka KBBI mengakui ikan kalengan sebagai ragam percakapan, sedangkan Wikipedia Indonesia memilih ikan kaleng sebagai lema.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR