SOROTAN MEDIA

Padamkan karhutla dengan istisqa hingga hujan buatan

Ilustrasi: Petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api dengan cara memukul bara api.
Ilustrasi: Petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api dengan cara memukul bara api. | Syifa Yulinnas/foc /ANTARA FOTO

Presiden Joko Widodo memastikan negara melakukan segala upaya untuk mengatasi kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Hal itu disampaikan saat presiden berada di Riau meninjau dua lokasi karhutla, yakni Desa Merbau, Meranti, Kepulauan Riau, dan Kampar, Riau (17/9).

Jokowi mengatakan, sudah menambahkan pasukan hingga 5.600 orang, penyempritan juga sudah. Ia juga melakukan satai istisqa berjamaah untuk meminta hujan.

Pemerintah juga kembali mengerahkan dua unit pesawat tambahan guna operasi hujan buatan di Pekanbaru, Riau. Pesawat tersebut adalah Cassa 212-200 dengan kapasitas 1 ton dan Hercules C-130 kapasitas 4 ton.

Ringkasan

  • Presiden Joko Widodo melaksanakan salat istisqa berjamaah untuk memohon diturunkannya hujan guna menghilangkan kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla).
  • Presiden juga memastikan pemerintah akan melakukan berbagai hal untuk memadamkan karhutla.
  • Ia juga meminta pasukan ditambah untuk melakukan penyemprotan kebakaran.
  • Perawat untuk rekayasa hujan buatan juga ditambah.
  • Saat ini tersedia empat pesawat yaitu Cassa 212-200 dari BPPT dan tiga pesawat bantuan TNI.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh liputan6.com dengan 3 pemberitaan, diikuti peringkat kedua tribunnews.com dan medcom.id dengan 2 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 12:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 07:00 WIB dengan total 4 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh detik.com dengan 9782 interaksi, diikuti peringkat kedua liputan6.com dengan 4191 interaksi. Selanjutnya okezone.com dengan 949 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR