GEGER HOAKS

Panen hoaks menjelang pilpres

Hoaks Maret 2,5 kali hoaks Januari. WhatsApp, Twitter, dan Facebook menjadi saluran utama. Jokowi paling kerap terserang.
Hoaks Maret 2,5 kali hoaks Januari. WhatsApp, Twitter, dan Facebook menjadi saluran utama. Jokowi paling kerap terserang. | Sandy Nurdiansyah /Beritagar.id

Laporan setebal 478 berformat A4 (yang 15 halaman adalah daftar isi) itu memuat pantauan terhadap hoaks selama Maret 2019. Pembuatnya adalah Kementerian Komunikasi dan Informatika, yang menyiarkannya pekan lalu. → Ringkasan lihat infografik

Hoaks paling laku adalah hoaks politis menjelang Pemilu 2019, baik menyangkut partai maupun terutama calon presiden. Temuan Maret tentang hoaks (tak hanya politik) sebesar 2,5 kali temuan Januari.

"Paling banyak Maret ke (capres-cawapres) 01,” kata Menteri Kominfo Rudiantara di Wates, Kulonprogo, DIY ( 7/4/2019). Angka 01 yang dia maksudkan adalah pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko "Jokowi" Widodo - Ma'ruf Amin.

Akan tetapi dokumen itu tak memuat perasan rekapitulatif perbandingan jumlah hoaks yang merugikan Jokowi maupun Prabowo.

Dokumen Direktorat Pengendalian Aplikasi Informatika, di bawah Ditjen Aplikasi Informatika Kominfo, yang bertajuk Laporan Isu Hoaks Bulanan Maret 2019 itu hanya memuat daftar panjang laporan dari ke hari selama sebulan. Serupa kumpulan laporan di laman Kominfo.

Contoh hoaks yang menyerang Jokowi misalnya informasi bawa dia bernama asli Herbertus Handoko Joko Widodo bin Oey Hong Liong, bukan dari keluarga muslim. Ini mengulangi fitnah pada Pilpres 2014: mengemas isu primordial atas nama kebenaran agar khalayak tak memilih Jokowi.

Tentu hoaks yang merugikan pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto - Sandiaga Uno juga ada. Dokumen Kemenkominfo mencontohkan hoaks Maret: pesawat pribadi Prabowo dilarang mendarat di Bandara Syamsudin Noor, Banjarmasin, Minggu 11 Maret.

Koordinator Juru bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak, segera menjernihkan kabar sesat tersebut: "Bapak tidak ke Banjarmasin.” Calon ya ke sana adalah Sandiaga Uno.

Cerita dan ringkasan data ada dalam artikel Beritagar.id pekan lalu, "Hoaks politik serang capres dan cawapres". Saluran terlaris dalam penyebaran hoaks, berdasarkan aduan yang masuk ke Kominfo, adalah WhatsApp, Twitter, dan Facebook.

Bagaimanakah membasmi hoaks sampai tuntas? Belum ada cara. Untuk melawannya pun tak ada jalan pintas. Penyebab utamanya adalah amigdala: bagian otak paling primitif yang dimiliki makhluk hidup. Sifat primitif itu membantu makhluk hidup untuk selalu waspada demi bertahan hidup.

Hanya hasil edukasi dalam jangka panjang yang dapat membantu manusia bersikap kritis dan skeptis.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR