SOROTAN MEDIA

Para tokoh deklarasikan Papua tanah damai

Ilustrasi: Spanduk damai untuk papua diusung warga Yogyakarta.
Ilustrasi: Spanduk damai untuk papua diusung warga Yogyakarta. | Hendra Nurdiyansyah/wsj /ANTARA FOTO

Ketua Majelis Rakyat Papua Timotius Murib memimpin pembacaan dan penandatanganan deklarasi Menjaga Papua Tanah Damai, yang diikuti oleh 34 tokoh masyarakat, agama, serta pemuda, di Swsiss-Bel Hotel Jayapura, pada Kamis (5/09/2019) malam.

Isi deklarasi: Kami Warga Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan beragam suku, bahasa, agama dan sepakat menyatakan: 1. Menjaga kesatuan dan persatuan di Tanah Papua. 2. Hidup berdampingan rukun, damai dengan penuh kasih sayang. 3. Sepakat dengan tidak terpengaruh isu-isu yang tidak benar. 4. Sepakat menolak kelompok radikal dan separatis di Tanah Papua.

Ringkasan

  • Penandatanganan deklarasi dikuti juga oleh Kapolda Papua Irjen Pol Rudolf Rodja, Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Yoshua Sembiring dan Gubernur Papua Lukas Enembe.
  • Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menjadi saksi penandatanganan deklarasi tersebut.
  • Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan penandatanganan deklarasi sekaligus mengingatkan bahwa seluruh masyarakat adalah saudara. Seluruh etnis, agama, dan suku merupakan satu kesatuan, yakni Indonesia.
  • Gubernur Papua Lukas Enembe, mengajak seluruh masyarakat Papua untuk hidup berdampingan dalam keberagaman yang ada.
  • Ia juga meminta mahasiswa Papua yang merantau bisa berbaur dengan masyarakat setempat.
  • Terkait kerugian atas kerusuhan yang terjadi. Pemerintah Provinsi Papua mengalokasikan dana Rp28 miliar membantu warga korban demo anarkistis di Jayapura, Papua, pada Kamis, 29 Agustus 2019.
  • Ke depan, dia berharap tidak ada lagi kejadian serupa.
  • Ketua Majelis Rakyat Papua Timotius Murib memimpin pembacaan deklarasi.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 16 pemberitaan, diikuti peringkat kedua medcom.id dengan 4 pemberitaan. selanjutnya suarasurabaya.net dengan 3 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 10:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 07:00 WIB dengan total 13 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh cnnindonesia.com dengan 583 interaksi, diikuti peringkat kedua antaranews.com dengan 135 interaksi. Selanjutnya seputarpapua.com dengan 40 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR