SOROTAN MEDIA

Pelaku bom Kartasura pengikut ISIS

Polisi membawa barang bukti usai penggeledahan rumah pelaku peledakan Pospam Kartasura di dusun Kranggan, Wirogunan, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (4/6/2019) dini hari WIB.
Polisi membawa barang bukti usai penggeledahan rumah pelaku peledakan Pospam Kartasura di dusun Kranggan, Wirogunan, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (4/6/2019) dini hari WIB. | Mohammad Ayudha /Antara Foto

Pelaku peledakan pos polisi di Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Rofik Aasharuddin, benar-benar amatiran karena belajar merakit bom secara mandiri dari internet. Namun begitu, Rofik adalah pengikut Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Fakta terbaru ini disampaikan oleh Kapolda Jawa Tengah, Rycko A Dahniel, menyusul penyidikan lanjutan dengan memeriksa isi akun media sosial (medsos) pelaku. Namun dalam keterangannya pada Rabu (5/6/2019), Rycko tidak mengungkap detail akun medsos itu.

Ringkasan

  • Rycko mengatakan Rofik telah dibaiat langsung oleh ISIS pimpinan Abu Bakar Al Baghdadi melalui medsos. Baiat dilakukan pada 2018.
  • Rofik pun disebut sempat mengajak orang tuanya untuk ikut berbaiat kepada ISIS dan ikut berupaya meledakkan diri. Namun, orang tuanya menolak dan bahkan sudah memberi teguran.
  • Melalui saluran medsos itu pula, Rofik merasa mendapat pencerahan. Dia mendapat pelajaran paham kekerasan atau radikalisme.
  • Rofik juga mendapat pelajaran membuat petasan dan bom berdaya ledak rendah (low explosive). Dan menurut Rycko, tindakan membuat bom adalah amaliyah setelah dibaiat ISIS.
  • Metode ini menimpa pula pada kelurga pelaku bom bunuh diri di Surabaya, Jawa Timur, pada tahun lalu. Mereka berlajar melalui internet dan mengikuti ISIS melalui medsos.
  • Meski demikian, Rofik bekerja mandiri dalam merakit bom. Adapun uang untuk membeli bahan baku dikumpulkan dari orang tua sejak 2018. Rofik juga tidak terikat pada jaringan atau organisasi apapun.
  • Polda Jawa Tengah sudah meminta bantuan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk turun mendekati keluarga Rofik agar tidak terpapar paham radikalisme.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 3 pemberitaan, diikuti peringkat kedua tribunnews.com dan suara.com dengan 2 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 10:00 hingga 21:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 11:00 WIB dengan total 5 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah sebaran pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh detik.com dengan 2623 sebaran, diikuti peringkat kedua liputan6.com dengan 227 sebaran. Selanjutnya suara.com dengan 24 sebaran pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR