KARHUTLA

Pembakaran hutan di Jatim dan Jabar

USAHA | Foto ilustrasi warga berusaha memadamkan api yang membakar lahan gambut. Bukan di Madura tapi Aceh Senin (8/7/2019).
USAHA | Foto ilustrasi warga berusaha memadamkan api yang membakar lahan gambut. Bukan di Madura tapi Aceh Senin (8/7/2019). | Syifa Yulinnas /Antara Foto

Ular sanca batik sepanjang tiga meter itu keluar dari lahan gambut yang terbakar. Personel Damkar Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, yang menangkap ular tersebut, berkisah ada dua ekor sanca yang keluar dari api. Ular yang tak tertangkap lebih besar ukurannya.

Lahan gambut terbakar itu terjadi Kamis (26/9/2019). Warga menyebutnya pembakaran. Hal itu terjadi di dua tempat, pagi dan siang. Di Kecamatan Sampang (06.35) dan Kecamatan Torjun (12.15).

Menurut Kasi Ops Damkar Satpol PP Sampang, Moh. Mahtuh Fathorrohman, kebakaran pertama meliputi lahan 80 x 100 meter. Adapun kebakaran kedua menjalari lahan 120 x 100 meter.

Perorangan, bukan perusahaan

Lalu warga membakar lahan untuk apa? Kata Mahtuh kepada TribunMadura.com, bukan sengaja membakar tapi karena, "[...] warga membakar sampah dan di tinggal begitu saja begitupun membuang puntung rokok sembarangan."

Belum ada laporan apakah api sudah dipadamkan. Yang terkabarkan bisa dipadamkan adalah kebakaran lahan gambut di sebelah gudang Komisi Pemilihan Umum Sampang, Juli lalu (24/7/2019). Pada hari itu juga terjadi kebakaran lahan gambut di dekat tempat pemakaman umum.

Penyebab kebakaran, menurut Mahtuh: seseorang membakar dedaunan kering.

Kabar api tak sampai Pak Camat

Selain di Madura, kebakaran lahan dan hutan juga terjadi di Kabupaten Bogor, Rabu (25/9/2019). Menurut Radar Bogor, api bisa dipadamkan keesokan harinya.

Kebakaran terjadi di Bukit Solasih di Kampung Babakan Nyantai, Desa Sukaresmi, Kecamatan Sukamakmur.

Menurut Sekretaris Kecamatan Sukamakmur, Moch Sobar Mansoer, kepada Radar Bogor, informasi kebakaran tidak sampai kepada pemerintah kecamatan. "Ramai setelah membesar dan kelihatan warga. Menurut Tagana (Taruna Siaga Bencana) saat ini sudah padam dan terkendali," katanya.

Sebagian warga menyatakan kebakaran itu disengaja. Seorang warga bilang, "Awalnya membuka lahan, tahunya merambat membesar."

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR