SOROTAN MEDIA

Pemerintah akhiri pembatasan akses media sosial

Ilustrasi orang-orang yang saling terhubung dengan media sosial.
Ilustrasi orang-orang yang saling terhubung dengan media sosial. | Rawpixel.com /Shutterstock

Kerusuhan massa yang terjadi di Jakarta pada Rabu (22/52019), terkait aksi unjuk rasa menentang hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, membuat pemerintah, melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), membatasi akses media sosial. Alasannya, untuk mengurangi penyebaran hoaks.

Keputusan tersebut dipertanyakan dan ditentang berbagai pihak, terutama karena berarti membatasi akses masyarakat terhadap informasi melalui media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan WhatsApp.

Ramai dibicarakan, Kominfo, Sabtu (25/5), mengumumkan bahwa pembatasan akses itu telah dicabut, sehingga warga bisa mengakses media sosial seperti sediakala.

Pengumuman pencabutan pembatasan akses tersebut, tentu saja, mendapat banyak perhatian dari masyarakat. Hal tersebut tampak dari ramainya reaksi di media sosial atas berita yang ditulis sedikitnya 17 media daring tersebut.

Ringkasan

  • Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan pencabutan pembatasan akses ke media sosial, seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, dan Twitter, pada Sabtu (25/5/2019) siang.
  • Pantauan Sabtu siang, sejumlah pengguna Internet seluler telah dapat mengakses Facebook, Instagram, ataupun berkirim foto dan video melalui aplikasi Whatsapp.
  • Menteri Kominfo Rudiantara mengatakan, penggunaan akses fitur dan gambar pada media sosial dan pesan instan mulai dapat berjalan normal sekitar pukul 14.00-15.00 WIB.
  • Rudiantara meminta masyarakat menggunakan internet untuk hal-hal yang positif.
  • Pemerintah sebelumnya membatasi akses sejumlah fitur media sosial, yakni unggahan foto dan video, selama beberapa hari belakangan.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 15 pemberitaan, diikuti peringkat kedua antaranews.com dengan 6 pemberitaan. selanjutnya republika.co.id dengan 2 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 04:00 hingga 19:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 15:00 WIB dengan total 13 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah sebaran pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh voaindonesia.com dengan 835 sebaran, diikuti peringkat kedua tribunnews.com dengan 670 sebaran. Selanjutnya liputan6.com dengan 207 sebaran pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR