SOROTAN MEDIA

Pemerintah pastikan THR takkan terlambat

Foto ilustrasi. Warga menunjukkan uang pecahan kecil usai penukaran di mobil kas keliling perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat di Plaza Balaikota, Jawa Barat, Rabu (15/5/2019).
Foto ilustrasi. Warga menunjukkan uang pecahan kecil usai penukaran di mobil kas keliling perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat di Plaza Balaikota, Jawa Barat, Rabu (15/5/2019). | Arif Firmansyah /Antara Foto

Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Rabu (15/5/2019), memastikan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan cair sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan pemerintah sebelumnya, yaitu 10 hari sebelum Hari Raya Lebaran, atau tanggal 24 Mei 2019.

Sebelumnya para PNS khawatir THR bakal terlambat karena Peraturan Pemerintah (PP) No. 35/2019 tentang Gaji ke-13 dan PP No. 36/2019 tentang THR memerintahkan teknis pemberiannya dilakukan lewat Peraturan Daerah (Perda), yang butuh waktu dalam pembahasannya.

Tjahjo meminta dua PP tersebut direvisi agar teknis pemberiannya cukup dilakukan lewat Peraturan Kepala Daerah (Perkada). Sri menyatakan revisi tersebut akan selesai dalam 1-2 hari ini.

Kabar ini menjadi sorotan berbagai media daring dengan jumlah pemberitaan mencapai 66 buah. Para pembaca pun tampak aktif menanggapinya melalui media

Ringkasan

  • Kementerian Dalam Negeri memastikan Tunjangan Hari Raya (THR) akan dibayarkan tepat waktu sebelum hari raya atau 24 Mei 2019 sesuai arahan Presiden Joko Widodo.
  • Hal itu diutarakan menanggapi pertanyaan mengenai adanya kemungkinan telatnya pencairan gaji ke-13 dan Tunjangan Hari Raya (THR) para pegawai negeri sipil (PNS) daerah.
  • Kemungkinan tersebut muncul karena pada PP No. 35/2019 dan PP No. 36/2019 memerintahkan teknis pemberian gaji, pensiun, gaji ke-13 dan THR yang bersumber dari APBD diatur dengan peraturan daerah (Perda). Penyusunan Perda butuh waktu lama
  • Poin itu lah yang sebelumnya dinilai memicu keresahan pegawai negeri di daerah karena khawatir pembayaran THR tidak bisa tepat waktu.
  • Kemendagri meminta kedua PP diubah agar teknis pemberian gaji ke-13 dan THR bisa diatur lewat Peraturan Kepala Daerah.
  • Kementerian Keuangan menyatakan perubahan tersebut hanya butuh waktu 1-2 hari, kemungkinan selesai pekan ini.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 14 pemberitaan, diikuti peringkat kedua tribunnews.com dengan 10 pemberitaan. selanjutnya liputan6.com dengan 6 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 01:00 hingga 22:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 14:00 WIB dengan total 9 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah sebaran pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh liputan6.com dengan 1085 sebaran, diikuti peringkat kedua republika.co.id dengan 349 sebaran. Selanjutnya bengkulutoday.com dengan 219 sebaran pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR