SOROTAN MEDIA

Pemerintah tawarkan Sukuk Tabungan ST005, sasar Rp2 triliun

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Lucky Alfirman (Kanan) saat meluncurkan Sukuk Tabungan ST-003 di Jakarta, Jumat (1/2/2019).
Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Lucky Alfirman (Kanan) saat meluncurkan Sukuk Tabungan ST-003 di Jakarta, Jumat (1/2/2019). | Dhemas Reviyanto /Antara Foto

Pemerintah, Kamis (8/8/2019), membuka penawaran Sukuk Tabungan seri ST005 secara daring (online) kepada investor individu Warga Negara Indonesia (WNI).

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, Luky Alfirman, optimistis target indikatif sebesar Rp2 triliun bisa dicapai.

Masa penawaran seri ST005 tersebut akan berlangsung 8-21 Agustus 2019, dengan minimum pemesanan Rp1 juta dan maksimum pemesanan Rp3 miliar. ST005 memiliki tenor dua tahun dan menawarkan tingkat imbalan/kupon minimal sebesar 7,40 persen per tahun.

Ringkasan

  • Pemerintah menargetkan dana sebesar Rp2 triliun dari penerbitan Sukuk Tabungan seri ST005.
  • Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, Luky Alfirman, mengatakan bahwa pihaknya optimistis penawaran tersebut bisa mencapai target indikatif sebesar Rp2 triliun.
  • Pemerintah pun berencana menerbitkan 10 kali SBN (Surat Berharga Negara) ritel kecuali saat Ramadan dan akhir tahun. Tahun depan, SBN ritel juga akan diterbitkan sebanyak 10 kali.
  • Masyarakat yang berminat untuk dapat melakukan registrasi dengan cara menghubungi 22 Mitra Distribusi (MiDis) yang telah ditetapkan melayani pemesanan pembelian secara langsung melalui sistem elektronik (layanan online).
  • MiDis adalah lembaga keuangan, antara lain PT Bank Central Asia, PT Bank Mandiri, PT Bank Negara Indonesia, PT Bank Permata, PT Bank Raktyat Indonesia, PT Bank Tabungan Negara dan PT Bank CIMB Niaga.
  • Seri ST005 memiliki tenor dua tahun dan menawarkan kupon minimal (floating with floor) sebesar 7,40 persen yang tidak berubah sampai dengan jatuh tempo.
  • Pembayaran kupon akan dilakukan setiap tanggal 10 setiap bulan. Pembayaran kupon pertama kali adalah 10 Oktober 2019, sedangkan periode pengajuan early redemption dibuka pada 24 Juli hingga 4 Agustus 2020 dengan nilai maksimal sebesar 50 persen dari transaksi pembelian.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh cnbcindonesia.com dengan 3 pemberitaan, diikuti peringkat kedua tempo.co dan republika.co.id dengan 2 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 03:00 hingga 18:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 04:00 WIB dengan total 2 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh mediaindonesia.com dengan 4 interaksi, diikuti peringkat kedua cnbcindonesia.com dengan 2 interaksi. Selanjutnya antaranews.com dengan 1 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR