PEMINDAHAN IBU KOTA

Pemerintah tunjuk McKinsey jadi konsultan pemindahan ibu kota

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro memaparkan rencana pemindahan ibu kota dalam diskusi nasional di Kementerian PPN/Bappenas, Jakarta, Rabu (26/6/2019).
Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro memaparkan rencana pemindahan ibu kota dalam diskusi nasional di Kementerian PPN/Bappenas, Jakarta, Rabu (26/6/2019). | Galih Pradipta /Antara Foto

Pemerintah menunjuk lembaga konsultan asing, McKinsey Indonesia, untuk membantu merealisasikan rencana pemindahan ibu kota Indonesia ke Kalimantan Timur (Kaltim). McKinsey akan melakukan studi awal tentang sejumlah masalah, termasuk dampak sosial, budaya, lingkungan dan ekonomi apabila ibu kota dipindahkan.

"Mereka tidak akan mulai dari nol, karena kami telah melakukan banyak penelitian. Mereka akan menentukan strategi ke depan, itu sebabnya kami mencari konsultan kelas dunia," kata Deputi Bidang Pengembangan Regional Bappenas, Rudy Soeprihadi Prawiradinata, saat dikonfirmasi Beritagar.id, Rabu (16/10/2019).

Rudy mengatakan dalam masa studi yang akan berlangsung selama tiga bulan itu, McKinsey juga akan melihat skema pendanaan yang dibutuhkan secara detail. Studi tersebut juga akan memetakan strategi bagaimana Penajam Paser Utara --bakal wilayah ibu kota baru-- bisa terhubung dengan kota-kota terdekat; Balikpapan dan Samarinda.

Penunjukkan McKinsey ini merupakan hasil kualifikasi pelelangan studi kelayakan teknis calon lokasi ibu kota negara yang dilakukan oleh Bappenas pada 25 Juli 2019.

Berdasarkan penelusuran Beritagar.id pada laman lpse.lkpp.go.id, nilai pagu pada paket ini mencapai Rp24,99 miliar dengan sumber dana berasal dari APBN tahun anggaran 2019.

Berdasarkan hasil evaluasi, lima dari 103 peserta dinyatakan lulus tahap prakualifikasi. Kelima perusahaan yang lulus tahap ini adalah PT Boston Consulting Indonesia, PT Bina Karya (Persero), PT Roland Berger Indonesia, McKinsey Indonesia, dan PT Yodya Karya (Persero). Pada akhirnya McKinsey keluar sebagai pemenang.

McKinsey merupakan perusahaan multinasional yang didirikan oleh James McKinsey pada 1926. Ini adalah salah satu lembaga konsultan dengan reputasi didunia.

Bisnis utama perusahaan ini konsultasi strategi manajemen. Mereka akan melakukan analisis kualitatif dan kuantitatif dalam rangka mengevaluasi keputusan manajemen.

Adapun di Indonesia, McKinsey buka kantor pertama di Jakarta pada 1988. Ini adalah kantor pertama McKinsey di Asia Tenggara.

Sebelumnya Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil, pernah mengatakan rencana pemindahan ibu kota baru harus dipersiapkan secara matang sesuai dengan visi masa depan. Kota baru yang dipersiapkan saat ini merupakan ibu kota Indonesia untuk 1.000 tahun mendatang.

Untuk itu bila perlu kolaborasi dengan konsultan internasional yang pernah punya pengalaman dalam hal pemindahan ibu kota.

"Kualifikasi perancang tata ruang akan kita cari yang terbaik, sesuai dengan visi masa depan. Tidak harus tenaga impor, kalau ada orang Indonesia lebih bagus tetapi yang paling penting adalah kolaborasi dengan konsultan-konsultan internasional yang sudah berpengalaman dalam hal pemindahan ibu kota," kata Sofyan dalam CNBC Indonesia.

Kebutuhan pembiayaan pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kaltim diketahui mencapai Rp466 triliun. Dari jumlah itu, 19 persen di antaranya dari APBN. Sedangkan sisanya ditempuh melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR