SOROTAN MEDIA

Pendaftaran SBMPTN 2019 dibuka 10-24 Juni

Peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) menjawab soal pada pelaksaan ujian gelombang pertama, di kampus USU, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (13/4/2019).
Peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) menjawab soal pada pelaksaan ujian gelombang pertama, di kampus USU, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (13/4/2019). | Irsan Mulyadi /Antara Foto

Waktu kuliah sebentar lagi dimulai dan pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) resmi dibuka pada Senin (10/6/2019), mulai pukul 13:00 WIB. Periode pendaftaran tersebut akan berlangsung selama dua pekan hingga 24 Juni.

Segala hal mengenai SBMPTN, termasuk informasi soal pendaftaran, bisa dicermati dalam laman resmi SBMPTN 2019 yang dikelola Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Berdasarkan peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) No 60 Tahun 2018, kuota setiap program studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti SBMPTN paling sedikit adalah 40 persen dari daya tampung program studi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tersebut.

"Kita harapkan para pendaftar teliti dengan syarat dan tahapan yang telah ditentukan di situ (laman resmi SBMPTN 2019)," kata Ketua LTMPT, Ravik Karsidi.

Ringkasan

  • Pendaftaran SBMPTN 2019 akan dibuka mulai Senin (10/6/2019) hingga dua pekan mendatang atau 24 Juni.
  • Pendaftaran dilakukan melalui laman resmi SBMPTN 2019.
  • Para calon pendaftar diharapkan memperhatikan secara teliti dan cermat semua ketentuan persyaratan dan tahapan pendaftaran SBMPTN 2019 dalam laman resmi SBMPTN 2019.
  • Kuota setiap Program Studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru SBMPTN ditetapkan paling sedikit 40 persen dari daya tampung Program Studi di PTN.
  • Mereka yang telah lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN 2019.
  • Pengumuman hasil SBMPTN akan dilaksanakan pada 9 Juli 2019 pukul 15.00 WIB.
  • Semua informasi resmi dan setiap terjadi perubahan ketentuan berkaitan dengan pelaksanaan SBMPTN 2019 selalu diinformasikan melalui laman resmi di https://sbmptn.ac.id.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 9 pemberitaan, diikuti peringkat kedua covesia.com dan ayobandung.com dengan 2 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 02:00 hingga 16:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 12:00 WIB dengan total 6 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah sebaran pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh okezone.com dengan 550 sebaran, diikuti peringkat kedua tempo.co dengan 209 sebaran. Selanjutnya detik.com dengan 190 sebaran pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR