Penetrasi internet di Bali paling tinggi

Penetrasi internet Indonesia tahun 2018 bertumpu pada Jawa dan Bali.
Penetrasi internet Indonesia tahun 2018 bertumpu pada Jawa dan Bali. | Lokadata /Lokadata

TUMBUH | Dalam data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) BPS 2018, penetrasi internet terbesar terpusat di pulau Jawa dan Bali. Secara persentase pengguna internet di Bali (42,91 persen) lebih tinggi daripada di Jawa (40,29 persen).

Penetrasi internet diartikan sebagai tingginya akses penduduk terhadap informasi melalui internet. Hingga memungkinkan penduduk untuk menambah pengetahuan, dan keterampilan, dan berkomunikasi.

Kota Denpasar merupakan kota dengan akses internet tertinggi. Sebanyak 68 persen masyarakatnya sudah mengakses internet. Tingginya penetrasi internet di kota pariwisata ini dipicu meningkatnya jumlah UKM yang menjadikan internet sebagai salah satu kebutuhan utama.

Beralih ke timur, secara wilayah jumlah akses internet di Papua hanya 20 persen. Namun, penetrasi internet di Kabupaten Mimika (44 persen) mengungguli rata-rata nasional.

Tumbuhnya penetrasi internet idealnya dibarengi dengan literasi digital. Soal ini masih jadi pekerjaan rumah penting demi kesejahteraan masyarakat Indonesia.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR