74 TAHUN INDONESIA MERDEKA

Pengangguran oh pengangguran

Jumlah pengangguran di Indonesia sejak 1991-2018.
Jumlah pengangguran di Indonesia sejak 1991-2018. | Lokadata /Lokadata

Kisah pengangguran | Sejak 1974, Rhoma Irama telah menyanyikan lagu berjudul Pengangguran. Sampai sekarang, lagu Rhoma kerap mengalun lewat grup dangdut koplo. "Telah lama kualami, hidup tiada pegangan. Pengangguran. Ya. Allah."

Era 1990-an, lagu yang berkisah tentang pengangguran masih menggema. Ada Balada Pengangguran yang dinyanyikan Iwan Fals dalam album Kantata Takwa. Ahmad Albar pun pernah melantunkan lagu berjudul Pengangguran.

Rhoma, Iwan Fals, dan Ahmad Albar sama-sama berkisah sulitnya menjadi pengangguran di Indonesia. "Pembangunan oh! Pengangguran ya!" demikian cuplikan lagu Iwan Fals yang mengontraskan pembangunan dengan pengangguran.

Isu pengangguran seakan tak pernah habisnya sejak Indonesia merdeka sampai sekarang pada usia 74 tahun. Banyak langkah pemerintah sejak era Orde Baru sampai sekarang mengatasi persoalan pengangguran. Ada program Padat Karya di era Soeharto sampai program kartu pra-kerja era Joko Widodo. Pengangguran tak pernah ada di titik nol.

Angka pengangguran, meski trennya terus menurun, tetap menjadi pekerjaan rumah bagi setiap pemerintahan. Tengok saja data Badan Pusat Statistik dan Wolrd Bank dari 1991-2018. Indonesia selalu "juara" dalam jumlah pengangguran dibandingkan dengan Thailand, Malaysia, dan Filipina.

Kalau ditelisik lagi, Banten penyumbang pengangguran terbanyak pada 2018. Padahal, provinsi ini memiliki industri pengolahan yang kontribusinya bisa mencapai 35 persen. Industri pengolahan di provinsi paling barat Pulau Jawa ini hanya menyerap 25 persen tenaga kerja.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR