SOROTAN MEDIA

Penumpang serang sopir, 12 tewas di Tol Cipali

Ilustrasi kecelakaan bus di jalan tol.
Ilustrasi kecelakaan bus di jalan tol. | Sigid Kurniawan /ANTARA FOTO

Kecelakaan beruntun di Kilometer 150 ruas jalan Tol Cipali, Cikopo, Senin (17/6/2019) menelan 12 korban jiwa dan puluhan luka-luka.

Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Rudy Sufahriadi mengatakan, menurut keterangan saksi, kecelakaan maut ini dipicu penyerangan terhadap sopir bus. Akibatnya, bus yang melaju di jalur arah Cirebon sampai menyeberang ke jalur arah Jakarta.

Kini polisi mendalami motif penyerangan yang dilakukan.

Ringkasan

  • Kecelakaan beruntun terjadi di Kilometer 150 ruas jalan tol Cikopo, Senin (17/6/2019). 12 Orang tewas, 36 lainnya luka-luka.
  • Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudy Sufahriadi mengungkap penyebab kecelakaan maut yang terjadi di Tol Cipali.
  • Menurut saksi, sopir bus Safari Dharma Raya dengan nomor polisi H 1469 CB diserang oleh penumpang, A (29 tahun), seorang petugas keamanan di Gandaria Tower, Jakarta Selatan.
  • Menurut keterangan A, sopir dan kenek melakukan pembicaraan di telepon untuk membunuh A.
  • Polisi mendalami keterangan A, yang mengaku memaksa sopir bus berhenti dengan mengambil alih kemudi secara paksa sehingga sopir hilang kendali.
  • Empat kendaraan yang terlibat kecelakaan yaitu bus Safari nopol H 1469 CB, Mitsubishi Xpander, Toyota Innova Nopol B 168 DIL, dan Mitsubishi Truk Nopol R 1436 ZA.
  • Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko menyatakan, penyebab pasti kecelakaan akan diungkap secara ilmiah menggunakan metode traffic accident analysis (TAA).

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 41 pemberitaan, diikuti peringkat kedua antaranews.com dengan 8 pemberitaan. selanjutnya okezone.com dengan 5 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 02:00 hingga 12:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 12:00 WIB dengan total 31 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh liputan6.com dengan 2792 interaksi, diikuti peringkat kedua tribunnews.com dengan 1482 interaksi. Selanjutnya kompas.com dengan 1007 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR