SOROTAN MEDIA

Perseteruan Garuda dengan penumpangnya berakhir damai

Dirut Garuda Indonesia Ari Askhara (tengah) bersama Rius Vernandes (kiri) dan Ketua Harian Serikat Karyawan PT Garuda Indonesia Tomy Tampati (kanan) berjabat tangan bersama saat memberikan keterangan pers di Jakarta, Jumat (19/7/2019).
Dirut Garuda Indonesia Ari Askhara (tengah) bersama Rius Vernandes (kiri) dan Ketua Harian Serikat Karyawan PT Garuda Indonesia Tomy Tampati (kanan) berjabat tangan bersama saat memberikan keterangan pers di Jakarta, Jumat (19/7/2019). | Aprillio Akbar /Antara Foto

Serikat Karyawan Garuda Indonesia (Sekarga) resmi mencabut laporan polisi terhadap penumpangnya Rius Vernandes yang sebelumnya dituduh melakukan pencemaran nama baik lantaran mengunggah mengunggah foto kartu menu kelas bisnis ditulis tangan.

Direktur Utama (Dirut) Garuda Indonesia Ari Askhara memastikan serikat pekerja perusahaannya mencabut laporan polisi, Jumat (19/7/2019).

Baik Sekarga maupun Rius sepakat menyelesaikan kasus ini secara kekeluargaan, kedua belah pihak kini berdamai. Perdamaian kedua belah pihak dijembatani Ari Askhara dan pengacara Hotman Paris Hutapea.

Ketua Sekarga Tomy Tampati meminta maaf terkait kehebohan yang terjadi akibat peristiwa ini. Ia mengaku diingatkan Dirut Garuda Indonesia untuk melihat esensi penting dalam kasus tersebut.

Ringkasan

  • Tomy mengatakan, Garuda Indonesia terbuka akan kritik. Ia mengimbau untuk sama-sama menjaga Garuda sebagai aset bangsa.
  • Sebelumnya, Sekarga melaporkan postingan Rius yang menunjukkan kertas menu tulisan tangan saat dalam penerbangan dari Sydney ke Jakarta.
  • Saat itu Rius dan temannya menjadi penumpang di kelas bisnis. Tindakan Rius dinilai telah mencemarkan nama baik.
  • Sekarga melaporkan Rius lantaran unggahannya dinilai telah memberi dampak negatif dan merugikan perusahaan tempat mereka mencari nafkah.
  • Dikutip dari Tribun Style, Rius Vernandes sendiri mendapatkan dua surat panggilan dari Polres Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa (16/7/2019).
  • PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk tetap terbuka terhadap kritik setelah kasus yang menghebohkan ini.
  • Dirut Garuda Indonesia Ari Askhara mengatakan, pihaknya membuka pintu seluas-luasnya bagi para Youtuber atau influencer untuk mengunjungi fasilitas dan terbang bersama maskapainya.
  • Sementara itu, Rius Vernandes menyampaikan terima kasih atas penyelesaian masalah tersebut secara damai.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 18 pemberitaan, diikuti peringkat kedua liputan6.com dengan 6 pemberitaan. selanjutnya viva.co.id dengan 5 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 01:00 hingga 16:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 10:00 WIB dengan total 15 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh liputan6.com dengan 332 interaksi, diikuti peringkat kedua kompas.com dengan 241 interaksi. Selanjutnya viva.co.id dengan 100 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR