RINGKASAN SEPEKAN

PHK Krakatau Steel, rasisme di Surabaya, dan kabar populer lainnya

Calon ibu kota baru, PHK ribuan karyawan PT Krakatau Steel, rasisme di Surabaya, dan kabar populer lainnya (25-30/8/2019).
Calon ibu kota baru, PHK ribuan karyawan PT Krakatau Steel, rasisme di Surabaya, dan kabar populer lainnya (25-30/8/2019). | Robotorial /Antara Foto, Beritagar.id

Calon ibu kota baru, pemutusan hubungan kerja (PHK) ribuan karyawan PT Krakatau Steel, dan rasisme di Surabaya yang memantik unjuk rasa serta kerusuhan di Papua, menjadi berita paling diperhatikan pembaca Beritagar.id sepanjang pekan lalu (25-30/8/2019).

Lalu ada Ahok yang menjadi pusat perhatian pada acara pelantikan anggota DPRD DKI Jakarta, peringatan polisi agar tak merekam Operasi Patuh, dan nasib Jakarta jika ibu kota jadi dipindah.

Berikut adalah ringkasan 6 berita populer dalam sepekan:

PT Krakatau Steel PHK ribuan pegawainya

Pekerja memotong lempengan baja panas di pabrik pembuatan hot rolled coil (HRC) PT Krakatau Steel (Persero) Tbk di Cilegon, Banten, Kamis (7/2/2019).
Pekerja memotong lempengan baja panas di pabrik pembuatan hot rolled coil (HRC) PT Krakatau Steel (Persero) Tbk di Cilegon, Banten, Kamis (7/2/2019). | Asep Fathulrahman /Antara Foto

PT Krakatau Steel akhirnya memutus hubungan kerja (PHK) sebanyak 2.683 pekerja outsourcing (alih daya) dari sembilan vendor yang bekerja sama dengan mereka. Para pekerja yang dipecat mendapat dua kali pesangon yang menjadi hak mereka.

"Mulai efektif 31 Agustus ini, sudah ada pengumuman langsung dari vendornya," kata Safrudin, Ketua Federasi Serikat Pekerja Baja Cilegon (FSPBC), saat dihubungi wartawan, Senin (26/8/2019).

Menurut Safrudin, pihak buruh pasrah, pun kecewa terhadap keputusan tersebut.

Baca selengkapnya di sini.

Jadi lokasi ibu kota baru, Kalimantan tak bebas dari gempa

Presiden Joko Widodo (kanan) menerima katalog gempa bumi dan tsunami dari Kepala  BMKG Dwikorita Karnawati  saat membuka  Rakornas BMKG 2019 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (23/7/2019).  BMKG menilai, Kalimantan tetap pulau paling aman dari gempa.
Presiden Joko Widodo (kanan) menerima katalog gempa bumi dan tsunami dari Kepala BMKG Dwikorita Karnawati saat membuka Rakornas BMKG 2019 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (23/7/2019). BMKG menilai, Kalimantan tetap pulau paling aman dari gempa. | Wahyu Putro A /Antara Foto

Pulau Kalimantan ternyata tak bebas dari gempa bumi. Pulau yang rencananya akan menjadi tempat ibu kota baru Indonesia itu dilewati tiga sesar.

Menurut Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono, tiga sesar atau patahan itu adalah Sesar Maratua, Sesar Mangkalihat, dan Sesar Paternoster.

Sesar Maratua dan Sesar Mangkalihat berada di wilayah Kabupaten Berau dan Kabupaten Kutai Timur. Keduanya masih sangat aktif. Menurut catatan BMKG aktivitas kegempaannya cukup tinggi dan membentuk klaster sebaran pusat gempa yang berarah barat-timur.

Sedangkan Sesar Paternoster yang membujur dari barat ke timur, melintasi wilayah Kabupaten Paser.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyatakan, walau terdapat struktur sesar dan memiliki catatan aktivitas gempa bumi, tetapi secara umum Pulau Kalimantan masih relatif lebih aman jika dibanding daerah lain di Indonesia, seperti Pulau Sumatra, Jawa, Sulawesi, dan Papua.

Baca selengkapnya di sini.

Tri Susanti tersangka rasisme dan hoaks di Surabaya

Foto ilustrasi. Massa yang tergabung dalam Mahasiswa Papua melakukan aksi di Jalan Merdeka, Bandung, Jawa Barat, Selasa (27/8/2019). Mereka menolak pernyataan rasisme terhadap orang Papua serta meminta pemerintah untuk menangkap pelaku pengepungan asrama Papua di Surabaya.
Foto ilustrasi. Massa yang tergabung dalam Mahasiswa Papua melakukan aksi di Jalan Merdeka, Bandung, Jawa Barat, Selasa (27/8/2019). Mereka menolak pernyataan rasisme terhadap orang Papua serta meminta pemerintah untuk menangkap pelaku pengepungan asrama Papua di Surabaya. | Raisan Al Farisi /Antara Foto

Setelah menjalani pemeriksaan sebagai saksi insiden pengepungan asrama mahasiswa Papua di Markas Polda Jatim di Surabaya hingga Selasa (27/8/2019) dini hari, Tri Susanti alias Susi akhirnya ditetapkan sebagai tersangka rasisme dan hoaks.

"Barang bukti yang diamankan adalah konten video elektronik berita di televisi tertanggal 19 Agustus terkait pernyataan TS, rekam jejak digital, dan konten-konten video narasi yang viral di berbagai platform Facebook, Twitter, dan WhatsApp group," ujar Dedi, Rabu (28/8), di Jakarta.

Kasus dugaan ujaran rasisme dan hoaks terjadi di Surabaya pada 16 Agustus. Ratusan massa dari organisasi gabungan mengepung asrama mahasiswa Papua di Jalan Kalasan. Mereka hadir karena ada kabar para mahasiswa mematahkan tiang bendera dan membuang bendera merah putih ke selokan.

Baca selengkapnya di sini.

Ahok menjadi magnet dalam pelantikan DPRD DKI

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertemu dengan pendahulunya, Basuki Tjahaja Purnama, seusai mengikuti pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta periode 2019-2024 di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (26/8/2019).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertemu dengan pendahulunya, Basuki Tjahaja Purnama, seusai mengikuti pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta periode 2019-2024 di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (26/8/2019). | Dhemas Reviyanto /Antara Foto

Nama Basuki Tjahaja Purnama di media massa boleh saja tidak muncul seramai saat dia menjadi Gubernur DKI Jakarta periode 2014-2017. Namun, hal itu tidak lantas menghilangkan pamor pria yang biasa disapa Ahok tersebut.

Kenyataan itu dapat dilihat kala dia menghadiri Pelantikan Anggota DPRD DKI Jakarta pada Senin (26/8/2019). Ahok, datang sebagai tamu undangan karena ia gubernur ke-15 ibu kota.

Ahok menjadi sasaran swafoto atau sekadar salaman para anggota DPRD terpilih masa bakti 2019-2024 dan tetamu yang hadir. Dalam pantauan media detikcom, Ahok sampai sulit duduk dengan tenang begitu tiba di ruang sidang DPRD DKI.

Baca selengkapnya di sini.

Infografik: Polisi akan perkarakan perekam Operasi Patuh

Dua pekan Operasi Patuh 2019 membidik 12 target pelanggaran. Melawan arus adalah prioritas. Perekam-razia tanpa izin akan diperkarakan.
Dua pekan Operasi Patuh 2019 membidik 12 target pelanggaran. Melawan arus adalah prioritas. Perekam-razia tanpa izin akan diperkarakan. | Antyo® /Beritagar.id

Pak Polisi berpesan, dalam razia Operasi Patuh 2019, 29 Agustus - 11 September, siapa pun dilarang merekam kegiatan tanpa izin petugas. Setidaknya hal ini berlaku di Jakarta Raya.

Menurut Kasubdit Bingakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir, para pemegang kamera ponsel maupun kamera lain yang akan membuat foto dan video harus minta izin dan menjelaskan keperluannya.

Jika merujuk KUHP, hal tersebut diatur dalam Pasal 335. Menjadi masalah jika pihak yang dirugikan memperkarakan.

Ancaman hukuman maksimum bagi pelanggar adalah kurungan setahun atau denda Rp4.500--kalau dikonversikan dengan Peraturan Mahkamah Agung No. 2 Tahun 2012 akan dikalikan seribu, menjadi Rp4,5 juta.

Baca selengkapnya di sini.

Jokowi akan pelihara Jakarta sebagai kota bisnis

Presiden Jokowi secara resmi mengumumkan keputusan pemerintah untuk memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan Timur di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8/2019).
Presiden Jokowi secara resmi mengumumkan keputusan pemerintah untuk memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan Timur di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8/2019). | Akbar Nugroho Gumay /Antara Foto

Presiden Joko "Jokowi" Widodo memastikan DKI Jakarta tetap menjadi pusat kota bisnis setelah ibu kota negara dipindah ke sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) di Kalimantan Timur nanti.

"Jakarta akan tetap prioritas pembangunan dan terus dikembangkan sebagai kota bisnis, keuangan, perdagangan, dan pusat jasa berskala regional dan global," kata Jokowi saat jumpa pers di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8/2019).

Jokowi melanjutkan, rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk melakukan urban regeneration dengan pembangunan sejumlah infrastruktur dengan bujet Rp571 triliun mesti tetap dilanjutkan.

"Pembahasannya sudah level teknis dan dieksekusi," kata Jokowi.

Baca selengkapnya di sini.

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini dipilihkan oleh program komputer dan diterbitkan setelah melalui proses pengeditan minor oleh editor Beritagar.id.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR