KINERJA PLN

PLTGU Muara Karang terganggu, listrik sebagian Jakarta padam

Ilustrasi: Petugas memeriksa instalasi listrik di Gardu Induk Muara Tawar, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (5/3/2019).
Ilustrasi: Petugas memeriksa instalasi listrik di Gardu Induk Muara Tawar, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (5/3/2019). | Risky Andrianto /Antara Foto

Blackout kembali terjadi di sejumlah wilayah Jakarta dan Tangerang, Rabu (28/8/2019) siang. Pada sekitar pukul 14.00 WIB aliran listrik di sebagian Jakarta Pusat, Barat, Selatan, Bintaro, dan Tangerang Selatan. Tak seperti kejadian pada 4-5 Agustus lalu, listrik kembali mengalir sekitar 30 menit kemudian.

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengumumkan, padamnya listrik tersebut diakibatkan oleh terjadinya gangguan pada Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Muara Karang.

"Terjadi gangguan penghantar transmisi 150 KV Duri Kosambi-Kembangan pada pukul 14.11 WIB sehingga menyebabkan pasokan dari Pembangkit Muara Karang terputus, berdampak pemadaman di sebagian Jakpus, Jaksel, Jakbar, Bintaro, dan Tangerang Selatan," kata GM PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya, M Ikhsan Asaan.

Gangguan tersebut mengakibatkan padamnya 11 gardu listrik di kawasan Jakarta Raya padam.

Vice President Public Relation PLN, Dwi Suryo Abdullah, dalam siaran persnya menyatakan pada pukul 14.41 WIB 10 dari 11 gardu listrik tersebut telah kembali menyala secara bertahap.

"Secara bertahap sejumlah wilayah sudah menyala seperti di Budi Kemuliaan, Kebun Sirih, Karet Baru, Kebun Jeruk, Duri Kosambi, Daan Mogot, Pantai Indah Kapuk, dan Ketapang," kata Dwi.

Walau tak menjelaskan apa yang terjadi di PLTGU Muara Karang yang berkapasitas 1.600 MegaWatt itu, Dwi menyatakan proses penormalan terus berlangsung.

Atas nama PLN, ia meminta maaf atas padamnya listrik yang telah mengganggu ativitas masyarakat di tengah hari itu.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama PLN, Sripeni Inten Cahyani, yang tengah berada di Gedung DPR RI saat listrik padam, membenarkan keterangan tersebut. Namun ia menjamin padamnya listrik itu tak bakal menjadi blackout seperti pada 4-5 Agustus lalu.

"Bukan (blackout), sudah mulai kembali bertegangan, sekarang sudah mulai masuk (aliran listriknya)," katanya, dikutip Kontan.co.id.

Internet murah Stroomnet

Selain soal padam listrik, ada kabar baik dari PLN. Perusahaan setrum negara itu mulai menyediakan paket internet dan TV berlangganan dengan biaya yang relatif murah. Namanya Stroomnet.

Telah lama diketahui bahwa kabel yang digunakan untuk mengalirkan listrik juga bisa dipakai mengalirkan data digital sehingga dapat dimanfaatkan sebagai jaringan internet. Teknologi tersebut dikenal dengan nama Power Line Communication (PLC) atau Power Line Digital Subscriber Line (PDSL). Broadband PLC bisa mengalirkan data hingga 100 Mbps.

Setelah mulai menjajaki kemungkinan tersebut sejak sekitar empat tahun lalu, PLN kini sudah percaya diri untuk masuk bisnis internet, melalui anak perusahaan bernama PT Indonesia Comnets Plus (Icon+).

Untuk mengaktifkan sambungan internet, pertama-tama pelanggan PLN mesti menambah daya menjadi 450 Volt Ampere (VA) hingga 197 kilo Volt Ampere (kVA). Ada diskon 74 persen jika pelanggan menambah paket internet dan TV berlangganan ICON+.

Harga paket internet termurah adalah Stroomnet 5 (download/upload kecepatan 5 Mbps dengan quota tak terbatas) yang dibanderol Rp89.000/bulan untuk pelanggan di Jabodetabek. Paket yang sama dihargai Rp95.000/bulan untuk Jawa-Bali, Rp109.000/bulan untuk Sumatra, dan Rp118.000/bulan untuk pelanggan di Indonesia Timur.

Harga promosi tersebut berlaku bagi pelanggan yang mendaftar hingga 31 Oktober 2019.

"Kami optimis program ini mampu meningkatkan pertumbuhan bisnis dan meningkatan kontribusi laba dari PLN Group" kata Sripeni Inten Cahyani, dikutip Liputan6.com (28/8).

Bagi pelanggan yang ingin menikmati promo dan diskon tambah daya tersebut dapat langsung mendaftar ke Contact Center PLN 123 yang dapat diakses melalui ponsel (kode area+123), telepon 123, email [email protected], Twitter @pln_123, Facebook PLN 123, dan website www.pln.co.id serta aplikasi smartphone PLN MOBILE.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR