SOROTAN MEDIA

Polisi antisipasi demo Perppu KPK di Istana Negara

Ilustrasi: Ribuan mahasiswa memadati Jalan Gerbang Pemuda menuju depan Gedung DPR/MPR, Jakarta, Senin (30/9/2019), menolak KUHP dan revisi UU KPK.
Ilustrasi: Ribuan mahasiswa memadati Jalan Gerbang Pemuda menuju depan Gedung DPR/MPR, Jakarta, Senin (30/9/2019), menolak KUHP dan revisi UU KPK. | Reno Esnir/ama /ANTARA FOTO

Sejak semalam, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melakukan penutupan jalan Gatot Subroto dan area Manggala Wanabakti baik ke arah Slipi maupun sebaliknya. Penutupan jalan tersebut sebagai bentuk antisipasi akan adanya demo mahasiswa.

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia memastikan bakal mengepung Istana Negara hari ini, Kamis (17/10/2019). Pesan demo adalah mendesak Presiden mengeluarkan Perppu, membatalkan UU KPK hasil revisi DPR, yang mulai berlaku hari ini.

Ringkasan

  • Meski pihak kepolisian tidak menerbitkan Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) aksi unjuk rasa, BEM Seluruh Indonesia tetap akan menggelar demo di Istana Negara siang ini (17/10/2019).
  • Koordinator Media BEM SI, Ghozi Basyir mengatakan, demo tidak memerlukan izin, cukup pemberitahuan kepada kepolisian, dan BEM SI sudah memberitahukan aksi mahasiswa tersebut kepada yang berwajib.
  • Diperkirakan sekitar 2.000 orang yang akan ikut demo. Pesannya adalah mendesak presiden mengeluarkan Perppu membatalkan UU KPK hasil revisi DPR.
  • Sebagaimana diketahui, hari ini setelah 30 hari disetujui DPR, UU KPK hasil revisi secara otomatis berlaku, sekalipun presiden tidak menandatanganinya.
  • Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya sejak semalam mengantisipasi demo tersebut dengan melakukan penutupan jalan di seputar gedung DPR.
  • Namun akses jalan di seputar Istana Negara, belum terlihat ada penutupan.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh bisnis.com dengan 2 pemberitaan, diikuti peringkat kedua wowkeren.com dan tempo.co dengan 1 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik dimulai sejak pukul 00:00 hingga 08:00 WIB, dan merupakan puncak dari pemberitaan dengan total 4 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh tempo.co dengan 16 interaksi, diikuti peringkat kedua bisnis.com dengan 11 interaksi. Selanjutnya rmol.id dengan 8 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR