SOROTAN MEDIA

Polisi buru pengibar bendera bulan bintang di Banda Aceh

Ilustrasi: Sekelompok masyarakat melakukan upacara pengibaran bendera Merah Putih.
Ilustrasi: Sekelompok masyarakat melakukan upacara pengibaran bendera Merah Putih. | Yulius Satria Wijaya/ama /ANTARA FOTO

Polda Aceh (19/8/2019) mengumumkan tengah memburu pelaku dan auktor intelektualis penurunan paksa bendera Merah Putih dan menggantinya dengan bendera bulan bintang, di kantor DPRD Aceh.

Pengibaran bendera Bulan Bintang itu terjadi 15/8/2019 lalu, bertepatan dengan peringatan hari 14 tahun perdamaian Aceh.

Saat itu sejumlah mahasiswa berdemo di kantor DPRD Aceh di Banda Aceh. Para pendomo tiba-tiba menurunkan bendera Merah Putih yang tengah berkibar dan menggantinya dengan bendera bulan bintang. Demo berakhir rusuh, karena polisi membubarkan paksa demo tersebut.

Ringkasan

  • Polda Aceh terus mengejar pihak yang bertanggung jawab atas penurunan sang saka Merah Putih dan pengibaran bendera bulan bintang dalam demo mahasiswa di halaman kantor DPRD Aceh.
  • Menurut Kepala Bidang Humas Polda Aceh Komisaris Besar Polisi Ery Apriyono, unjuk rasa tersebut tidak memiliki surat pemberitahuan.
  • Tindakan menurunkan bendera Merah Putih menurunkan bendera Merah Putih merupakan tindakan melecehkan bangsa dan negara Republik Indonesia.
  • Begitu pun mengibarkan bendera bulan bintang merupakan tindakan melawan hukum.
  • Bendera bulan bintang adalah bendera yang pernah digunakan kelompok yang ingin memisahkan diri dari NKRI.
  • Kedua perbuatan itu melanggar UU Nomor 24/2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara Serta Lagu Kebangsaan.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh acehtrend.com dengan 3 pemberitaan, diikuti peringkat kedua tribunnews.com dengan 2 pemberitaan. selanjutnya wartaekonomi.co.id dengan 1 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik dimulai sejak pukul 00:00 hingga 11:00 WIB, dan merupakan puncak dari pemberitaan dengan total 3 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh acehtrend.com dengan 47 interaksi, diikuti peringkat kedua fajar.co.id dengan 44 interaksi. Selanjutnya jpnn.com dengan 12 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR