SOROTAN MEDIA

Polisi tetapkan 92 orang tersangka kerusuhan Papua

Ilustrasi: Pengungsi berjalan menuruni pesawat Hercules TNI AU ketika tiba di Bandar Udara Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Kamis (10/10/2019). Sebanyak 88 pengungsi yang didominasi warga asal Sumatera Utara kembali ke Wamena setelah eksodus ke Jayapura pascaaksi unjuk rasa yang berujung anarkis pada 23 September 2019 lalu.
Ilustrasi: Pengungsi berjalan menuruni pesawat Hercules TNI AU ketika tiba di Bandar Udara Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Kamis (10/10/2019). Sebanyak 88 pengungsi yang didominasi warga asal Sumatera Utara kembali ke Wamena setelah eksodus ke Jayapura pascaaksi unjuk rasa yang berujung anarkis pada 23 September 2019 lalu. | M Risyal Hidayat/foc /ANTARA FOTO

Kepolisian Daerah Papua menetapkan 92 orang sebagai tersangka atas sejumlah kasus kerusuhan yang terjadi di beberapa wilayah di Papua seperti di Jayapura, Wamena, Timika dan tempat-tempat lainnya.

Kapolda Papua Irjen Polisi Paulus Waterpauw di Timika, Rabu (9/10/2019), menjelaskan hal tersebut di sela-sela kunjungan Menko Polhukam Wiranto bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Menurut Paulus dari tersangka sebanyak itu, 14 orang di antaranya adalah tersangka kerusuhan Wamena pada 23 September lalu.

Ringkasan

  • Meko Polhukam Wiranto bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, melakukan kunjungan ke Timika, Papua, (9/10/2019).
  • Rombongan antara lain menemui dan berdialog dengan para pengungsi Wamena dan Ilaga di Timika, juga para tokoh masyarakat.
  • Wiranto meminta semua pihak tidak menggeneralisasi seluruh orang Papua sebagai pelaku kerusuhan di Wamena dan tempat-tempat lainnya di Papua akhir-akhir ini.
  • Kekacauan, yang terjadi beberapa waktu lalu bukan dilakukan oleh masyarakat Papua, tapi oleh oknum-oknum tertentu yang memang jahat.
  • Menurut WIranto situasi kamtibmas di seluruh Papua kini dalam kondisi aman terkendali meskipun harus tetap waspada.
  • Sejumlah pengungsi akibat kerusuhan sudah diterbangkan kembali ke kota asalnya.
  • Potensi terulangnya kembali aksi kekerasan termasuk teror penembakan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), harus tetap diawasi.
  • Sementara Kapolda Paulus Waterpauw mengatakan jajarannya kini terus mengembangkan penyelidikan kasus kerusuhan dengan memantau data foto dan video para pelaku kerusuhan.
  • Polri akan terus mengejar mereka agar diproses hukum untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.hingga menyamakan harga pokok di Papua.
  • Sementara itu Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab mengatakan jajarannya siap membantu kepolisian dalam menjaga stabilitas keamanan di Papua.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 2 pemberitaan, diikuti peringkat kedua waspada.co.id dan tagar.id dengan 1 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik dimulai sejak pukul 00:00 hingga 08:00 WIB, dan merupakan puncak dari pemberitaan dengan total 3 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 19 interaksi, diikuti peringkat kedua riausky.com dengan 1 interaksi. Selanjutnya tagar.id dengan 1 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR