SOROTAN MEDIA

Polri ringkus 5 terduga teroris berafiliasi Al Qaeda

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo (kanan) menjelaskan soal eksistensi Jamaah Islamiyah, Senin (1/7/2019).
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo (kanan) menjelaskan soal eksistensi Jamaah Islamiyah, Senin (1/7/2019). | Nanda Perdana Putra /Liputan6.com

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Kepolisian Republik Indonesia (Polri) meringkus lima terduga teroris kelompok Jemaah Islamiyah (JI) yang berafiliasi kepada kelompok teroris global, Al Qaeda.

Kelima terduga teroris itu ditangkap di dua lokasi berbeda yakni Bekasi, Jawa Barat dan Ponorogo, Jawa Timur. Tersangka pertama PW --pimpinan kelompok, bersama dengan istrinya MY serta terduga lainnya BS ditangkap di sebuah hotel di Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (29/6/2019).

Kemudian, Minggu (30/6), terduga lainnya, berinisial A ditangkap di perumahan Griya Syariah, Blok G, Kelurahan Kebalen, Bekasi, Jawa Barat sekitar pukul 11.45 WIB.

Terduga A merupakan orang kepercayaan PW yang membantu dalam pelaksaan tugas menggerakan organisasi JI.

Terakhir, Densus 88 meringkus BT alias Haedar alias Feni alias Gani di hari yang sama sekitar pukul 14.15 WIB di daerah Pohijo, Kecamatan Sampung, Ponorogo, Jawa Timur. BT merupakan orang kepercayaan PW, sekaligus menggerakkan jaringan JI di Jawa Timur.

Ringkasan

  • Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, kelompok tersebut memiliki perkebunan sawit sebagai sumber dana.
  • PW adalah anggota lama JI dan menduduki posisi bidang intelijen dalam organisasi itu pada 2002.
  • Tersangka PW pernah bergabung pelatihan militer di Moro Filipina dan memiliki kemampuan di bidang intelijen hingga merakit bom dan menjadi salah satu kader terbaik JI asal Indonesia.
  • Lelaki itu dikenal sebagai Aji Pangestu alias Abu Askari alias Ahmad Arif alias Ahmad Fauzi Utomo tercatat dalam berbagai kasus terorisme di Indonesia dan diduga memiliki kedekatan dengan gembong teroris asal Malaysia, Noordin M Top.
  • PW menyandang gelar S1 Teknik Sipil di sebuah universitas di Jawa Tengah.
  • Bersama jaringannya di Indonesia, PW kini tengah menyusun kekuatan di bawah naungan Al Qaeda. Selain itu, ia juga menjalin komunikasi dengan jaringan teroris di Filipina serta pecahan kelompok Al Qaeda di Pakistan dan Afghanistan.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 9 pemberitaan, diikuti peringkat kedua antaranews.com dengan 5 pemberitaan. selanjutnya covesia.com dengan 4 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 06:00 hingga 21:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 14:00 WIB dengan total 8 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh kompas.com dengan 2093 interaksi, diikuti peringkat kedua liputan6.com dengan 1223 interaksi. Selanjutnya solopos.com dengan 121 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR