FAKTA DATA CALON IBU KOTA

PR pengangguran di calon ibu kota

Perbandingan angka pengangguran usia produktif di wilayah Jakarta dan sekitarnya dengan calon ibu kota di Kalimantan Timur.
Perbandingan angka pengangguran usia produktif di wilayah Jakarta dan sekitarnya dengan calon ibu kota di Kalimantan Timur. | Lokadata /Lokadata

LABEL | Tak ada yang menyukai label dan status pengangguran. Kenyataannya, pengangguran selalu ada di sekitar kita. Angka pengangguran tak pernah berada di titik nol, termasuk di Jakarta dan calon ibu kota di Kalimantan Timur.

Angka pengangguran terbuka di Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek) jauh lebih jumbo ketimbang di Sambal Terong Pedas (Samarinda, Balikpapan, Kutai, Tenggarong, Penajam, dan Paser).

Kalau menilik angkanya saja, jumlah pengangguran di Jabodetabek lebih dari 12 kali lipat Sambal Terong Pedas. Berdasarkan survei angkatan kerja nasional BPS 2018, total pengangguran di Jabodetabek 1.262.516 orang, sementara di Sambal Terong Pedas hanya 99.821 orang.

Kalau diperbandingkan dengan angkatan kerja, persentase pengangguran di Jabodetabek dan Sambal Terong Pedas hanya selisih 1,4 persen. Sambal Terong Pedas masih lebih sedikit persentasenya.

Jangan terlalu riang dulu wahai calon ibu kota. Jumlah dan persentase bisa saja berbalik ketika Sambal Terong Pedas sudah benar-benar menjadi ibu kota. Apalagi pemerintah akan memboyong 800 ribu ASN dari Jakarta, alih-alih memberi ruang bagi warga di wilayah calon ibu kota.

Seperti judul film era 80-an Kejamnya Ibu Tiri Tak Sekejam Ibu Kota, wilayah yang menjadi pusat kekuasaan akan melahirkan beragam soal yang kompleks, seperti susahnya mencari pekerjaan.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR