SOROTAN MEDIA

Prabowo-Sandi ajukan kasasi kedua ke MA

Seorang pendukung Capres dan Cawapres nomor urut 02 Prabowo - Sandiaga Uno berfoto saat mengikuti kampanye akbar di Stadion Sidolig, Bandung, Jawa Barat, Kamis (28/3/2019).
Seorang pendukung Capres dan Cawapres nomor urut 02 Prabowo - Sandiaga Uno berfoto saat mengikuti kampanye akbar di Stadion Sidolig, Bandung, Jawa Barat, Kamis (28/3/2019). | Raisan Al Farisi /ANTARA FOTO

Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno kembali mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung. Untuk kali kedua mereka mempermasalahkan pelanggaran terstruktur sistematis dan masif (TSM) dalam penyelenggaraan Pemilu.

Kasasi di MA telah terdaftar dengan Perkara Nomor 2P/PAP/2019 tanggal 3 Juli 2019. Kini MA sedang memeriksa perkara dan menunggu tanggapan KPU serta Bawaslu selaku Termohon.

Ringkasan

  • Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno kembali mengajukan gugatan kasasi soal pelanggaran TSM dalam penyelenggaraan Pemilu.
  • Menurut Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, pendaftaran gugatan kasasi kedua ini dilakukan tanpa sepengetahuan pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.
  • Dasco menyatakan kuasa hukum yang mengajukan gugatan kasasi kedua tersebut tidak meminta izin dan tidak berkoordinasi dengan pihaknya.
  • Pengajuan kasasi kedua, dilakukan sepekan setelah Mahkamah Konstitusi menolak gugatan Prabowo dan Sandiaga tentang kecurangan dan pelanggaran TSM dalam Pilpres 2019.
  • Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Viryan Aziz mempersilakan pihak Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengajukan gugatan kasasi lagi ke MA. Tetapi juga menegaskan putusan MK bersifat final.
  • Kuasa hukum presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Yusril Ihza Mahendra meyakini kasasi kedua ini bakalan kandas.
  • Kata Yusril, ketika MA menyatakan perkara niet ontvanklijk verklaard (N.O) atau tidak dapat diterima, artinya pemohonnya tidak punya legal standing.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 5 pemberitaan, diikuti peringkat kedua suara.com dan solopos.com dengan 1 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 08:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 08:00 WIB dengan total 3 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh cnnindonesia.com dengan 217 interaksi, diikuti peringkat kedua tribunnews.com dengan 205 interaksi. Selanjutnya kompas.com dengan 18 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR