Praduga tak bersalah untuk Siti Aisyah

WNI, Siti Aisyah dikawal saat meninggalkan gedung pengadilan Sepang, Malaysia, Rabu (1/3).
WNI, Siti Aisyah dikawal saat meninggalkan gedung pengadilan Sepang, Malaysia, Rabu (1/3). | Stringer /Antara-Reuters

Pemerintah Indonesia meminta semua pihak memegang prinsip praduga tak bersalah terhadap Siti Aisyah yang didakwa karena kasus pembunuhan dengan persekongkolan di Malaysia. Tim Perlindungan WNI KBRI Kuala Lumpur bersama Pengacara dari kantor pengacara Gooi & Azzura mendampingi Siti Aisyah pada sidang pertamanya di Pengadilan Negeri Sepang, Malaysia, Rabu (2/3/2017).

Pengadilan Sepang, Malaysia menjadi sorotan internasional karena melibatkan lintas negara. Jurnalis peliput dari Malaysia dan internasional sudah menunggu persidangan sejak pagi.

Pada sidang pertama itu Aisyah mengenakan T-shirt warna merah dan celana jins biru. Sedangkan terdakwa Doan Thi Huong, warga negara Vietnam, mengenakan kaus kuning, jins biru, dan rambutnya dicat pirang.

Dalam pembacaan tuntutan, penuntut umum mendakwa Aisyah dengan pasal delik pembunuhan (302) dengan persekongkolan (34) Kitab UU Hukum Pidana.

Polisi Malaysia menetapkan Siti Aisyah dari Indonesia dan Doan Thi Huong dari Vietnam sebagai tersangka kasus pembunuhan Kim Jong-nam.

Abang tiri pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un ini tewas menggunakan racun gas saraf VX. Uji laboratorium dilakukan otoritas Malaysia terhadap jenazah korban. Pada area wajah disimpulkan terdapat racun "VX Nerve Agent" yang dapat mematikan syaraf-syaraf hanya dalam waktu 30 menit.

Wakil Kedutaan Besar Republik Indonesi di Kuala Lumpur, Andreano Erwin meminta semua pihak untuk memegang prinsip praduga tidak bersalah terhadap Siti Aisyah.

"Pemerintah Indonesia meminta semua pihak memegang prinsip, presumption of innocence until proven guilty (dianggap tidak bersalah sampai dibuktikan di pengadilan bersalah) dalam kasus SA ini," ujar Andreano dilansir laman Kementerian Luar Negeri.

Andreano mengatakan, pendampingan hukum baik dari KBRI dan tim pengacara terus diberikan kepada Siti Aisyah. Selama pembacaan dakwaan di Pengadilan Negeri (PN) Sepang, Malaysia Siti didampingi oleh tim kuasa hukum.

Adreano mengatakan, dalam sidang yang telah dijalani Siti, tim pengacara telah memohon kepada hakim untuk tidak bacakan hasil penyidikan. Alasannya, agar keterangan tersebut tidak membentuk opini publik sehingga tidak mengganggu proses hukum yang sedang berlangsung. Permohonan tersebut diterima oleh hakim.

Seusai sidang, pengacara Siti Aisyah mengatakan dijebak sebuah sindikat yang pura-pura mengajak mengikuti sebuah acara reality show lelucon di televisi. "Siti Aisyah mengatakan tidak bersalah," kata Selvam Shanmugam, penasihat hukum Siti Aisyah dari Firma Hukum Gooi Soon Seng.

Sidang selanjutnya akan digelar 13 April 2017 di Pengadilan Sepang, Malaysia. Usai pembacaan dakwaan Siti dipindahkan dari rumah tahanan di Cyberjaya, Kuala Lumpur, ke penjara khusus wanita Kajang di Selangor.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR