SOROTAN MEDIA

Presiden Jokowi mulai kunjungi calon ibu kota baru

Presiden Joko Widodo berkunjung ke Bukit Soeharto, Kalimantan Timur, Selasa (7/5/2019). Kawasan tersebut merupakan salah satu kandidat Ibu Kota baru Indonesia.
Presiden Joko Widodo berkunjung ke Bukit Soeharto, Kalimantan Timur, Selasa (7/5/2019). Kawasan tersebut merupakan salah satu kandidat Ibu Kota baru Indonesia. | Biro Pers Sekretariat Presiden /beritagar.id

Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo mulai menginspeksi beberapa kawasan di Pulau Kalimantan yang disebut sebagai calon kuat ibu kota baru Indonesia. Daerah pertama yang dikunjunginya adalah Bukit Soeharto, Kalimantan Timur, Selasa (7/5/2019).

Pemerintah telah menegaskan keseriusan untuk memindahkan ibu kota dari Jakarta ke luar Pulau Jawa dalam waktu dekat.

Kunjungan Jokowi ke Bukit Soeharto tersebut mendapat sorotan dari banyak media. Ada total 86 tulisan yang ditulis 10 media mengenai kunjungan tersebut sepanjang Selasa (7/5). Tanggapan terhadap berita tersebut di media sosial pun amat ramai.

Ringkasan

  • Bukit Soeharto yang berlokasi di Kawasan Taman Hutan Raya, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, menjadi salah satu calon ibu kota baru Indonesia.
  • Wakil Gubernur Kalimantan Timur, Hadi Mulyadi, mengatakan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Kalimantan Timur adalah dalam rangka meninjau lokasi rencana ibu kota Republik Indonesia.
  • Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan kerja antara lain Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimulyono, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro, serta Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan A. Djalil.
  • Dalam kunjungan kali ini, Jokowi menjelajahi kawasan Bukit Soeharto dan ia menilai wilayah tersebut memiliki banyak keunggulan.
  • Jokowi menilai, kondisi infrastruktur di Kalimantan Timur mendukung pemindahan Ibu Kota Negara RI yang saat ini berada di Jakarta meski masih perlu kajian dari aspek lainnya.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 16 pemberitaan, diikuti peringkat kedua antaranews.com dengan 13 pemberitaan. selanjutnya bisnis.com dengan 7 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 05:00 hingga 22:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 11:00 WIB dengan total 11 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah sebaran pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh setkab.go.id dengan 6446 sebaran, diikuti peringkat kedua tribunnews.com dengan 3680 sebaran. Selanjutnya detik.com dengan 3027 sebaran pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR