Pro-kontra iringi foto profil berbendera Prancis di Facebook

Bendera Prancis di Washington Arch, New York , Amerika Serikat, dalam aksi solidartitas mengutuk penyerangan yang terjadi di Paris, Prancis.
Bendera Prancis di Washington Arch, New York , Amerika Serikat, dalam aksi solidartitas mengutuk penyerangan yang terjadi di Paris, Prancis. | EPA /Dominick Reuter

Merespon serangan tragis di Paris, Prancis, Facebook merilis filter foto khusus. Filter foto itu menampilkan warna bendera Prancis, dimaksudkan sebagai tanda duka dan solidaritas pengguna Facebook.

Wakil Presiden Facebook untuk Bidang Messenger, David Marcus, menjadi salah seorang yang pertama kali memperkenalkan kampanye ini.

"Tunjukkan dukungan Anda untuk rakyat Paris, dengan memperbarui untuk sementara gambar profil Anda, dengan template baru yang kami ciptakan. Terima kasih," demikian terjemahan bebas status Marcus.

Anda bisa menikmati fitur ini dengan mencobanya melalui status mereka yang telah mengganti foto profilnya. Sebagai contoh, datanglah ke status Marcus, dan Anda akan menemukan tombol "Try it" ("Cobalah") tepat di sebelah kanan pada bagian bawah foto. Sila klik tombol itu untuk mencoba fitur filter foto ini.

Selain Marcus, dua petinggi Facebook Mark Zuckerberg (CEO) dan Sheryl Sandberg (COO) juga telah mengganti foto profil mereka.

Model kampanye seperti ini, bukan yang pertama kali bagi Facebook. Juni 2015, mereka merilis filter foto berbendera pelangi, sebagai ekspresi dukungan terhadap pernikahan sejenis.

Meski banyak pengguna yang mulai menjajal fitur ini, muncul pula sejumlah kritik. Pasalnya, Perancis bukan satu-satunya negara yang menerima serangan tragis dalam beberapa hari terakhir.

Sehari sebelumnya, dua serangan bunuh diri juga mengguncang Beirut, Lebanon, sehingga lebih dari 30 orang tewas.

Sejumlah netizen mempertanyakan, sikap Facebook yang mendorong pengguna menunjukkan dukungan untuk Perancis, tapi tidak melakukan hal yang sama pada Lebanon.

Beberapa pengguna Twitter asal Indonesia juga menyayangkan, karena fitur filter foto itu tak menyediakan bendera lain seperti Palestina dan Suriah, yang menurut mereka juga sering menjadi korban karena teror dan perang.

Meski begitu, tak sedikit juga pembelaan yang muncul ihwal penggunaan filter foto berbendera Perancis.

Dalam kasus ini, rekomendasi Mashable mungkin bisa jadi solusi. Mereka menyarankan netizen menggunakan layanan LunaPic, yang menyediakan bendera seluruh negara di dunia.

Anda bisa memilih bendera yang akan dijadikan filter foto. Bahkan, layanan ini memberi kesempatan bila Anda ingin memberi dukungan kepada dua negara berbeda.

Agaknya, Facebook pun bukan satu-satunya layanan yang menghadirkan fitur khusus ini. Sejumlah pengguna Snapchat juga mengaku telah mendapat filter yang bertuliskan pesan, "Berdoalah untuk Paris."

Berikut sejumlah pro-kontra netizen soal fitur filter foto berbendera Perancis di Facebook.

BACA JUGA