SOROTAN MEDIA

PT INKA capai penjualan Rp2,4 triliun per Agustus 2019

Suasana proses pemuatan gerbong kereta tipe 'Broad Gauge' ke dalam lumbung kapal untuk dikirim ke Bangladesh, di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (20/1/2019). Pengiriman 15 gerbong kereta tersebut merupakan pengiriman pertama dari 250 gerbong produksi PT INKA untuk Bangladesh Railway.
Suasana proses pemuatan gerbong kereta tipe 'Broad Gauge' ke dalam lumbung kapal untuk dikirim ke Bangladesh, di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (20/1/2019). Pengiriman 15 gerbong kereta tersebut merupakan pengiriman pertama dari 250 gerbong produksi PT INKA untuk Bangladesh Railway. | Zabur Karuru /Antara Foto

PT Industri Kereta Api (INKA) mencapai angka penjualan Rp2,42 triliun per Agustus 2019. Nilai tersebut merupakan 86 persen dari target pada Rencana Anggaran dan Kerja Perusahaan (RAKP) 2019, yakni Rp3,75 triliun.

Direktur Utama PT INKA, Budi Noviantoro, menyatakan di Jakarta, Senin (19/8/2019), untuk mengejar realisasi target penjualan tahun ini, perseroan akan mengebut produksi dan pengiriman pesanan ekspor kereta dari beberapa negara, termasuk Bangladesh.

Guna mempercepat produksi, INKA juga mengebut pembangunan pabrik baru di Banyuwangi, Jawa Timur. Pabrik yang ditargetkan memproduksi tiga gerbong per hari itu, menurut Budi, diharapkan selesai pada awal 2020.

Ringkasan

  • Progres penjualan kereta produksi PT Industri Kereta Api (Inka) hingga Agustus 2019 mencapai 86 persen atau Rp2,42 triliun dari rencana 2019, kata Direktur Utama PT Inka, Budi Noviantoro, dalam acara Ngopi Bareng BUMN di Jakarta, Senin (19/8/2019).

  • Dia menyatakan, dalam Rencana Anggaran Kerja Perusahaan (RKAP) 2019, perseroan menargetkan penjualan Rp3,75 triliun.
  • Budi menerangkan mereka sudah mendapatkan kontrak pengadaan kereta untuk Bangladesh sebanyak 250 gerbong.
  • Mulai 20 Januari 2019, INKA sudah mengirimkan 50 kereta tipe Meter Gauge ke Bangladesh Railway melalui Chittagong Port. Pengiriman 200 kereta tipe Broad Gaude (BG) akan dikirimkan secara bertahap pada Juli 2019.
  • Budi Noviantoro mengatakan, INKA sedang membangun pabrik baru di wilayah Banyuwangi, Jawa Timur.
  • Pabrik baru ini digadangkan akan menjadi pabrik kereta terbesar di Asia Tenggara.
  • Budi mengatakan, pabrik baru ini pun akan difokuskan untuk memproduksi kereta yang diekspor sementara pabrik yang lama di Madiun akan digunakan untuk menghasilkan kereta di dalam negeri.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh okezone.com dengan 5 pemberitaan, diikuti peringkat kedua liputan6.com dan kontan.co.id dengan 3 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 07:00 hingga 20:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 10:00 WIB dengan total 5 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh cnnindonesia.com dengan 81 interaksi, diikuti peringkat kedua okezone.com dengan 30 interaksi. Selanjutnya kompas.com dengan 23 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR